18 Tahun Berlalu, Kilas Balik Tragedi Terorisme Bom Bali 12 Oktober 2002.

18 Tahun Berlalu, Kilas Balik Tragedi Terorisme Bom Bali 12 Oktober 2002.

12 Oktober 2002, sudah 18 tahun berlalu semenjak tragedi terorisme Bom Bali terjadi dan menyisakan berbagai kenangan perih membekas bagi para korban, masyarakat Indonesia khususnya Bali.

Peristiwa ini menjadi peristiwa tragedi terorisme besar dalam sejarah Indonesia. Dua ledakan pertama terjadi di Paddy's Pub dan Sari Club (SC) di Jalan Legian, Kuta, Bali, sedangkan ledakan terakhir terjadi di dekat Kantor Konsulat Amerika Serikat.

Ledakan bom tanggal 12 Oktober 2002 di Paddy's Pub dan Sari Club (SC). Dua bom meledak dalam waktu yang hampir bersamaan yaitu pukul 23.05 Wita. Sebanyak 202 orang tewas sedangkan 200 lebih lainnya luka berat maupun ringan. Korban yang tewas sebanyak 164 orang warga dari 24 negara dan 38 lainnya warga Indonesia.

Peristiwa pengeboman di Bali tidak hanya sekali terjadi. Terjadi pengeboman kembali pada tahun 2005. Meski tidak sebesar peristiwa pada tahun 2002.

Bom Bali 2002 (Foto: Dok Tribun)

Dikutip dari Liputan6.com, peristiwa ini bermula saat Ali Imron menyiapkan satu bom kotak dengan berat sekitar 6 kilogram dan ia menggunakan sepeda motor Yamaha.

Bom itu kemudian diletakkan di trotoar sebelah kanan kantor Konsulat Amerika Serikat. Selanjutnya, dia pergi menuju Sari Club dan Paddy's Pub untuk memantau situasi serta lalu lintas di sekitar.

Ali selanjutnya kembali ke rumah kontrakan. Sekitar pukul 22.30 Wita, Ali Imron bersama dua pelaku bom bunuh diri, yakni Jimi dan Iqbal pergi menuju Legian. Ali Imron mengintruksikan Jimi untuk menggabungkan kabel-kabel dari detonator ke kotak switch bom mobil L 300. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"