16 Januari 1909: Ekspedisi Pimpinan Ernest Shackleton ke Kutub Selatan

16 Januari 1909: Ekspedisi Pimpinan Ernest Shackleton ke Kutub Selatan

Ekspedisi Pimpinan Ernest Shackleton

Taukah kalian siapa itu Ernest Shackleton? Ernest Shackleton adalah seorang penjelajah antartika yang memimpin ekspedisi Inggris ke Antartika. Dia jadi salah satu figur di masanya yang dikenal sebagai Heroic Age of Antarctic Exploration.

Ernest Shackleton lahir di Kilkea, County Kildare, Irlandia, lalu pindah bareng keluarganya ke Sydenham. Sydenham adalah daerah di London. Ia mempunya adik perempuan yang menjadi pelukis portrait dan jurnalis.

Ernest Shackleton (wikipedia.org)

Saat sudah besar, Ernest bergabung dengan angkatan laut saat berusia 16 tahun. Ia memenuhi syarat sebagai seorang marinir di tahun 1898. Ayahnya sendiri sebenernya menginginkan dirinya jadi dokter. 

Kemudian, pada tahun 1901 Ernest Shackleton terpilih untuk pergi dalam ekspedisi Antartika. Ekspedisi itu dipimpin sama Robert Falcon Scott. Ernest dan tim lakukan perjalanan ke kutub selatan dengan kondisi yang sulit. 

Ekspedisi Nimrod pada 1909 (wikipedia.org)

Bahkan, mereka menjadi satu-satunya yang berhasil berada di posisi terdekat dengan kutub selatan saat itu.

Akan tetapi, setelah itu, Shackleton sakit keras dan harus pulang ke rumah. Meski begitu, ia udah dapet pengalaman yang sangat berarti.

Sepulangnya ke Inggris, Shacketon menghabiskan waktunya sebagai jurnalis. Lalu, ia juga sempat terpilih jadi sekretaris di Scottish Royal Geographical Society. 

Abis itu, di tahun 1908, akhirnya Ernest Shackleton kembali ke Antartika dengan membuat ekspedisi sendiri. Ia jadi pimpinan ekspedisi tersebut dengan kapal bernama 'Nimrod'.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"