13 Desember: Berdirinya Lembaga Kantor Berita Nasional ANTARA, Simak Faktanya!

13 Desember: Berdirinya Lembaga Kantor Berita Nasional ANTARA, Simak Faktanya!

Berdirinya Lembaga Kantor Berita Nasional ANTARA di Indonesia

Siapa sih yang nggak tau sama ANTARA News? Pasti kalian pernah baca berita dari websitenya. Nah, sebenernya gimana sih sejarah ANTARA ini? Yuk, simak berdirinya Lembaga Kantor Berita Nasional ANTARA di Indonesia.

ANTARA adalah kantor berita gengs. Ini dimiliki sama pemerintah Indonesia sendiri. Perusahaan Umum Lembaga Kantor Berita Nasional Antara adalah BUMN yang punya tugas untuk liputan dan menyebarkan informasi. Tentu saja, penyebarannya kudu cepat, akurat, dan penting, ke seluruh area di Indonesia maupun internasional.

kantor berita ANTARA (wikipedia.org)

Lalu sejarah berdirinya kayak apa sih? Nah, berdirinya Lembaga Kantor Berita Nasional ANTARA itu pada 13 Desember 1937 oleh A.M. Sipahoetar, Mr. Soemanang, Adam Malik, dan Pandoe Kartawigoena.

Dulu mereka merasa nggak puas sama pemberitaan tentang peristiwa di Hindia Belanda. Khususnya soal sosial politik masyarakat di Indonesia. Waktu itu disiarkan Aneta (Alhemeen Niews-en Telegraaf-Agentschap). 

Kantor berita ANTARA (antaranews.id)

Tentu saja kalangan Indonesia merasa kalo berita di Aneta tuh berat sebelah dan nggak objektif. Aneta jarang memberitakan peristiwa politik yang terjadi di Indonesia. Itulah yang memicu berdirinya Kantor Berita Nasional ANTARA.

Yang jadi direktur pertama adalah Mr. Soemanang dan Adam Malik jadi redaktur dan wakil direktur. 

Kemudian, pada 1941, jabatan direktur dikerahkan pada Sugondo Djojopuspito. Lalu, pada 1962, barulah ANTARA resmi jadi lembaga kantor berita nasional yang ada di bawah naungan presiden. ANTARA jadi kantor berita terbesar saat itu di Indonesia. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"