Be Spot: Cara Mudah Mengatasi Kulit Berminyak dan Mata Panda dengan Makeup

Bagaimana cara mengatasi kulit berminyak dan mata panda sekaligus dengan sapuan makeup? Yuk intip trik Rezy Andriati dalam Be Spot!

Dalam dunia makeup, salah satu masalah kulit yang paling sulit diatasi adalah kulit berminyak dan mata panda. Masalah inilah yang dialami oleh dua bintang tamu Be Spot episode kali ini, Chai dan Natacha. Masing-masing bertindak sebagai Owner dan CEO Lokal Karya, kedua perempuan ini dihadapkan pada beragam aktivitas yang menyita waktu dan tenaga sehingga akhirnya berdampak pada kondisi kulit.

Chai mengungkapkan bahwa dirinya punya masalah mata panda yang cukup parah sehingga seringkali sulit ditutupi oleh makeup. Hal ini membuatnya sering tampak terlihat lelah dan kurang fresh. Sementara, Nat mengaku bahwa kulitnya berminyak parah sehingga produk makeup sulit sekali diaplikasikan dengan baik. Lalu bagaimana host Rezy Andriati mengatasi masalah mereka? Simak ulasan berikut ini!

Trik Makeup untuk Mengatasi Mata Panda

Mengaplikasikan makeup pada mata panda biasanya juga cukup sulit karena area di sekitar mata cenderung gelap dan memiliki tekstur yang berbeda dari kulit wajah lainnya. Lingkaran hitam di sekitar mata dapat membuat concealer dan produk makeup lainnya sulit menempel dengan baik, sehingga hasilnya tidak merata atau tidak cukup menutupi warna gelap tersebut. Selain itu, kulit di area mata juga lebih tipis dan sensitif, sehingga penggunaan produk makeup yang salah atau terlalu tebal dapat menyebabkan iritasi atau masalah lainnya.

Terkait hal ini, Rezy menjelaskan bahwa cara paling ampuh mengatasi mata panda adalah dengan menggunakan concealer sebelum mengaplikasikan produk makeup apapun. Setelah penggunaan skincare, yang diakhiri dengan sunscreen/sunblock, gunakan concealer warna orang atau kuning untuk menyamarkan area yang gelap dengan efektif.

“Kalau untuk Chai, under eye kita pakai concealer warna orange. Jadi sebelum pakai apapun itu, mau bedak, mau foundation, mau krim, setelah pakai sunblock langsung pakai concealer warna orange. Jadi supaya warnanya itu bisa menyatu sama kulit, nanti baru ditimpa pakai cushion atau foundation apapun yang dipakai di muka. Karena itu bisa menyamarkan dan (caranya) mudah,” ungkap Rezy.

Cara Mengatasi Mata Panda (Doc. Paragram)

Trik Mengaplikasikan Makeup pada Kulit Berminyak

Natacha memiliki masalah yang berbeda. Walaupun kulitnya cenderung tidak mengalami masalah signifikan, namun kondisi berminyak membuatnya bingung ketika harus menggunakan makeup. Dia sendiri sebenarnya jarang menggunakan makeup, namun pastinya ada momen tertentu ketika dia harus menggunakan riasan.

“Kalau aku mukaku berminyak ya. Jadi kalau pakai makeup kadang terlalu oily. Gimana tuh kak, aku harus pakai apa? Produknya harus pakai apa aku bingung,” ungkap perempuan yang akrab disapa Nat tersebut.

Faktanya, minyak berlebih dapat membuat produk makeup mudah "meleleh" dari wajah, menyebabkan kilau berlebihan dan membuat tampilan tidak rata. Terkait hal ini, Rezy menyarankan pakai bedak tabur untuk mengendalikan kadar minyak. Namun sebelum aplikasi, jangan lupa menggunakan kertas minyak untuk mengurangi kesan mengkilat pada wajah.

“Aku saranin Nat pakai bedak tabur. Jadi sebelum pakai foundation, primer, atau apapun itu, setelah pakai pelembap, kalau bisa pakai bedak tabur. Karena itu bisa menyerap minyak yang ada di muka tanpa harus ribet touch up,” jelas Rezy.

Trik Mengatasi Kulit Berminyak (Doc. Paragram)

Ready to Shoot!

Setelah mengetahui masalah masing-masing, Rezy pun langsung mendandani Chai dan Nat sesuai dengan masalah yang diutarakan. Setelah proses makeup, keduanya pun mengaku puas dan merasa wajahnya tampak lebih segar. Setelahnya, kedua narasumber bersiap untuk menghadiri podcast bersama Paragram.id.

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, Chai dan Nat merupakan Owner dan CEO Lokal Karya yang selama bergerak untuk memajukan aspek positif yang dikelola anak bangsa. Lokal Karya sendiri bakal menggelar acara Ngabuburit pada 16, 23, dan 30 Maret 2024 dengan beragam kegiatan seru dan positif. Jadi jangan sampai ketinggalan, ya!

Acara Lokal Karya (Doc. Paragram.id