Tips Mudik Nyaman Bersama Anak Naik Kereta Api, Jangan Sampai Si Kecil Rewel!

Bagaimana sih caranya mudik nyaman bersama anak, terutama yang masih balita? Agar perjalananmu lancar, yuk simak tips berikut ini!

Bagaimana sih caranya mudik nyaman bersama anak, terutama yang masih balita? Karena libur lebaran sudah di depan mata, maka setiap orang tua pasti akan mulai mempersiapkan momen pulang kampung untuk merayakan Idul Fitri bersama keluarga. Namun masalahnya, bepergian bersama anak-anak kadang cukup dilematik karena berbagai macam alasan.

Faktanya, jika kamu ingin mudik nyaman menggunakan kereta bersama anak, maka ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dan persiapkan. Hal terpenting adalah bagaimana membuat perjalanan yang melelahkan menjadi momen yang nyaman dan menyenangkan bagi kamu dan si kecil,

Kamu bisa mempersiapkan beberapa hal, misalnya saja aktivitas si kecil selama di perjalanan. Selain itu, apa lagi tips untuk membuat mudik jadi hal yang berkesan sehingga anak-anak tidak rewel dan jatuh sakit? Berikut informasinya:

1. Beli Tiket Jauh-Jauh Hari

Tips mudik nyaman menggunakan kereta bersama anak yang pertama adalah dengan membeli tiket jauh-jauh hari. Mendekati hari Lebaran, kebanyakan tiket kereta sudah habis diserbu pemudik, karena itu lebih baik pesan tiket lebih dahulu.

Selain agar mendapat kepastian perjalanan, kamu juga bisa memilih tempat duduk yang nyaman untuk anak-anak. Jika kamu memesannya terlalu mepet, kemungkinan mendapat tempat duduk nyaman jadi semakin kecil. Jangan sampai kalian mendapat tempat duduk terpisah ya!

2. Memilih Tempat Duduk yang Tepat

Tips Mudik Nyaman Bersama Anak (via Kabar Penumpang)

Tips berikutnya adalah, saat membeli tiket, pastikan untuk memilih tempat duduk yang nyaman bagi anak. Biasanya anak-anak suka melihat pemandangan luar sepanjang perjalanan, karena itu pilihlah tempat duduk anak yang dekat dengan jendela. Selain itu, untuk memudahkan mobilitas anak jika ingin ke kamar kecil, maka sebaiknya pilihlah tempat duduk yang dekat dengan toilet.

3. Pilih Jam Keberangkatan Sesuai Jam Tidur Anak

Tips Mudik Nyaman Bersama Anak (via Bisnis Ekonomi)

Selanjutnya, untuk kamu yang mudik engan membawa anak bayi atau balita, penting sekali untuk melakukan perjalanan sesuai dengan jam tidur anak. Saat membeli tiket, sesuaikan waktu perjalananmu dengan waktu tidur anak untuk menghindari anak rewel dan bosan selama perjalanan. Sehingga anak bisa istirahat dengan tenang sepanjang perjalanan.

4. Datang ke Stasiun Lebih Awal

Tips Mudik Nyaman Bersama Anak (via Republika)

Jika mudik menggunakan kereta api bersama anak, sebaiknya datang ke stasiun jauh lebih awal. Di musim mudik lebaran, stasiun kereta akan lebih padat penumpang dari biasanya. Karena itu, agar tidak tertinggal kereta karena antri dan sebagainya, lebih baik datang lebih awal.

Selain itu, jika datang lebih awal, kamu tidak akan datang dengan terburu-buru. Bayangkan saja jika kamu membawa anak dan barang bawaan kemudian tergesa-gesa, bisa berakibat buruk bukan?

5. Siapkan Makanan Kesukaan Anak

Tips Mudik Nyaman Bersama Anak (via Kompas)

Agar perjalanan bersama anak tetap nyaman dan menyenangkan, jangan sampai perut anak tidak terisi. Perut yang kosong akan membuat anak rewel. Karena itu, lebih baik persiapkan bekal makan anak termasuk snack yang bisa mereka makan sepanjang perjalanan.

6. Jangan Membawa Terlalu Banyak Barang

Tips Mudik Nyaman Bersama Anak (via Kompas)

Tips selanjutnya adalah jangan membawa terlalu banyak barang. Bepergian menggunakan transportasi umum tentu berbeda dengan mudik menggunakan kendaraan pribadi. Ruang gerak dan tempat yang kamu dapatkan terbatas. Selain itu, membawa banyak barang akan terlalu merepotkan jika kamu juga menggendong si kecil. Maka dari itu, bawalah barang seperlunya saja.

Mudik nyaman menggunakan kereta bersama anak bisa diwujudkan jika orang tua melakukan persiapan yang baik jauh-jauh hari sebelumnya. Perlu diingat, kamu sebagai orang tua juga perlu menyampaikan ke anak bahwa anak bahwa kegiatan mudik kali ini akan dilakukan menggunakan kereta api. Dengan begitu, anak juga akan ikut menyiapkan diri untuk melakukan perjalanan yang menyenangkan.

Tips Mudik Nyaman Bersama Anak (via CNN)