5 Bagian Bungker Peninggalan Jepang di Padang yang Berdiri Sejak Perang Dunia II, Pernah ke Sini?

Tahukah kamu bahwa ada beberapa bungker peninggalan Jepang di Padang? Jika penasaran, yuk simak ulasan berikut ini!

Tahukah kamu bahwa ada beberapa bungker peninggalan Jepang di Padang? Sejarah menyebutkan bahwa Jepang menjajah Indonesia selama 3,5 tahun, sejak Januari 1942 hingga Agustus 1945. Maka tidak heran kalau ada sejumlah bungker peninggalan Jepang di Padang, Sumatera Barat.

Bungker-bungker tersebut sudah ada sejak Perang Dunia II dimulai, ketika saat itu Jepang menduduki kota Padang, dan menjadi tempat pertahanan tentara Jepang saat itu. Maka dari itu, tidak heran jika bungker peninggalan Jepang ini berada di atas ketinggian dan tersebar di berbagai tempat di kota Padang.

Seperti apa yang suasana markas perlindungan Jepang di Padang saat ini? Kalau kamu penasaran, mana saja bungker peninggalan Jepang yang tersebar di kota Padang. Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini datanya.

1. Bungker Jepang Padang Besi I

Bungker peninggalan Jepang di Padang yang pertama adalah Bungker Jepang Padang Besi I. Bangunan ini berada di Kawasan Padang Besi dan berbentuk menyerupai kotak persegi panjang, dan sebagian bangunannya masuk ke dalam tanah.

Bangunan ini berukuran 8 m x lebar 5,4 m dan tinggi 3,69 m. Bangunan ini memang dirancang untuk menahan serangan dan bom dari udara, yang saat itu memang rentan terjadi di zaman perang. Karena itu dindingnya memiliki ketebalan rata-rata 1 m.

Bungker Peninggalan Jepang di Padang (via DISBUDPAR Sumut)

2. Bungker Jepang Padang Besi II

Selanjutnya ada Bungker Jepang Padang Besi II yang berada di sisi timur Bungker Jepang Padang Besi I. Sama seperti bungker sebelumnya, bungker ini juga berbentuk kotak dan sebagian bangunannya terpendam ke dalam tanah.

Bungker Jepang Padang Besi II memiliki ukura bangunan dengan panjang 3,6 m, lebar 3,4 m dan tinggi 1,6 m. Meski ukurannya tidak seberapa, namun sistem perlindungan di dalamnya cukup untuk memberikan perlindungan dalam kondisi darurat.

Bungker Peninggalan Jepang di Padang (via Halo Nusa)

3. Bungker Jepang Padang Besi III

Masih di daerah Padang Besi, Bungker Jepang Padang Besi III berada di sisi paling timur dalam lingkup kawasan pertahanan Jepang di Padang Besi. Bungker ini menghadap ke arah utara, dengan ukuran panjang 4,4 m x lebar 4,7 m x tinggi 2,75 meter, dan berdenah bujur sangkar.

Untuk ketebalannya, bungker ini memiliki ketebalan sekitar 97 cm yang dirancang khusus untuk perlindungan dan pengeboman dari berbagai arah. Karenanya, lokasi ini menjadi bungker paling aman dibanding yang lain.

Bungker Peninggalan Jepang di Padang (via Jelajah Nagari Awak)

4. Bungker Jepang Padang Besi IV

Bungker peninggalan Jepang ke empat di Kota Padang adalah Bungker Jepang Padang Besi IV yang bentuknya berbeda dengan bungker-bungker sebelumnya, yakni berbentuk bulat.

Bangunan ini memiliki diameter sekitar 2,75 m dan tinggi sekitar 1 m serta ketebalan bangunan 60 cm. Lebih tipis sedikit dari bungker ketiga, namun masih cukup mumpuni sebagai markas militer.

Bungker Peninggalan Jepang di Padang (via Arasy News)

5. Bungker Jepang Padang Besi V

Terakhir adalah Bungker Jepang Padang Besi V yang berada di sisi selatan bungker Jepang Padang Besi IV. Bungker ini dibangun menghadap ke sisi utara dengan pintu masuk bangunan berada di sisi selatan. Sama seperti Bungker Jepang Padang Besi IV, Bungker Jepang Padang Besi V juga berbentuk bulat dengan diameter 4, 25 m, dan tinggi 2, serta tebal dinding 67 cm.

Nah, itu tadi lima bungker peninggalan Jepang di Padang yang sudah ada sejak Perang Dunia II sebagai kompleks pertahanan tentara Jepang. Kamu sudah pernah ke sana belum? Jika berada di Padang, jangan lupa berkunjung untuk menikmati wisata sejarah di lokasi ini, ya!

Bungker Peninggalan Jepang di Padang (via Jelajah Nagari Awak)