Perempuan Wajib Tahu, Ini 4 Cara Memilih Skincare yang Bagus dan Aman untuk Kulit

Perempuan wajib tahu cara memilih skincare yang bagus dan aman untuk kulit agar tidak sembarangan membeli produk. Yuk simak tips berikut ini!

Saat ini skincare memang sangat digandrungi banyak perempuan, terutama mereka yang menginginkan kulit cantik dan sehat. Tapi sebelum membeli, kamu harus tahu bagaimana cara memilih skincare yang bagus agar tidak salah membeli produk.

Bukan tanpa alasan, saat ini banyak beredar produk kecantikan abal-abal yang dibuat dengan bahan sembarangan yang bisa saja berbahaya untuk kesehatan kulit. Selain itu, kondisi setiap kulit juga berbeda sehingga mungkin ada produk yang tidak disarankan untuk kulit tertentu.

Hal utama yang perlu kamu perhatikan ketika memilih skincare yaitu sesuaikan dengan kondisi dan jenis kulit kamu. Salah penggunaan skincare akan berakibat fatal karena menimbulkan permasalahan pada kulit. Lantas, bagaimana cara memiliki skincare yang bagus dan aman untuk kulit? Melansir Healthline, yuk cek penjelasannya berikut ini.

1. Sesuai dengan Jenis Kulit

Seperti yang dikatakan di awal tadi bahwa memilih skincare harus sesuai dengan jenis dan kondisi kulit kamu. Jadi sebelum membeli skincare ada baiknya kamu berkonsultasi dulu pada ahlinya agar kamu benar-benar tahu permasalahan dan jenis kulit, sehingga kamu bisa memilih skincare sesuai dengan kebutuhan.

Misalnya, jika kamu memiliki kondisi kulit berjerawat, maka belilah produk yang mengandung zat anti peradangan dan mampu mengendalikan kadar minyak di permukaan kulit, misalnya asam salisilat dan BHA. Sementara itu, untuk kulit sensitif, hindarilah produk yang mengandung bahan keras, misalnya retinol.

Cara Memilih Skincare yang Bagus (via Buletin Aktual)

2. Terdaftar di BPOM

 

Ketika membeli skincare, pastikan produk yang kamu beli sudah terdafar di BPOM. Karena izin BPOM sangat berpengaruh pada keamanan dan keaslian produk skincare yang kamu beli. Menggunakan produk yang tidak terdaftar bisa berisiko karena tidak ada yang menjamin bahwa bahan-bahan di dalamnya aman.

Biasanya produk yang benar-benar terdaftar akan menyertakan kode pada kemasan. Sebelum membeli, coba cek apakah kode tersebut benar-benar asli dan menunjukkan izin dari BPOM.

Cara Memilih Skincare yang Bagus (via Republika)

3. Perhatikan Komposisi Produk

Selain mengecek apakah produk skincare tersebut sudah terdaftar di BPOM, kamu juga harus memastikan bahwa skincare yang kamu beli tidak mengandung bahan berbahaya yang berisiko membuat kondisi wajah semakin buruk.

Pilih produk skincare yang tidak mengandung polietilen glikol (PEG), polisorbat, triclosans (TCS) dan diethanolamine (DEA). Pasalnya bahan-bahan tersebut disinyalir bisa menyebabkan kanker dan penyakit lain.

Cara Memilih Skincare yang Bagus (via Beauty Journal)

4. Jangan Mudah Tergiur dengan Iklan

Iklan dibuat untuk menarik perhatian pasar, tapi jangan mudah tergoda ya. Apalagi tergoda oleh promo produk yang bertebaran. Kamu tetap harus selektif, karena banyak produk skincare yang memberikan banyak promo namun justru membuat kulit menjadi bermasalah.

Walaupun ada banyak iklan yang terlihat menggiurkan, jangan lupa untuk selalu mengecek produk dengan melakukan langkah-langkah yang telah kita bahas di atas. Pastikan produk aman, terdaftar, dan pastinya terhindar dari bahan berbahaya. Dalam hal ini, kita memang perlu memiliki wawasan luas terhadap bahan-bahan skincare yang beredar.

Setelah mengetahui cara memilih skincare yang bagus dan aman untuk kulit, kamu masih mau membeli skincare secara sembarangan? Sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu ya agar semuanya aman. Jangan sampai keinginan untuk jadi cantik malah berakhir di rumah sakit!

Cara Memilih Skincare yang Bagus (via Ibnu Yustian)