Mengenal Penyakit Autoimun yang Sering Menyerang Wanita, Apa Saja Gejalanya?

Mengenal Penyakit Autoimun yang Sering Menyerang Wanita, Apa Saja Gejalanya?

Penyakit autoimun adalah suatu kondisi di mana sistem kekebalanmu secara keliru menyerang tubuhmu sendiri.

Sistem kekebalan biasanya melindungimu dari kuman seperti bakteri dan virus. Ketika merasakan penjajah asing ini, ia mengirimkan pasukan sel tempur untuk menyerang mereka.

Biasanya, sistem kekebalan dapat membedakan antara sel asing dan selmu sendiri. Namun, pada penyakit autoimun, sistem kekebalan salah menganggap bagian tubuhmu, seperti persendian atau kulit, sebagai benda asing. Saat kamu mengalami autoimun, protein yang disebut autoantibodi akan dilepaskan dan menyerang sel sehat.

eberapa penyakit autoimun hanya menargetkan satu organ. Diabetes tipe 1 misalnya, merusak pankreas. Penyakit lain, seperti lupus eritematosus sistemik (SLE), memengaruhi seluruh tubuh.

# Penyakit Autoimun yang Paling Umum pada Wanita

Ada lebih dari 80 jenis penyakit autoimun yang menyerang berbagai bagian tubuh. Di Amerika Serikat sekitar 80% yang terkena penyakit ini adalah wanita. Dan tipe autoimun yang paling umum yang menyerang wanita di antaranya:

- Artritis reumatoid, salah satu bentuk radang sendi yang menyerang sendi.

- Psoriasis, suatu kondisi yang ditandai dengan bercak kulit yang tebal dan bersisik.

- Artritis psoriatis, sejenis artritis yang memengaruhi beberapa orang dengan psoriasis.

- Lupus, penyakit yang merusak area tubuh yang meliputi persendian, kulit, dan organ.

Penyakit autoimun yang menyerang Ashanty (health.grid.id)

- Penyakit tiroid, termasuk penyakit Graves, di mana tubuh membuat terlalu banyak hormon tiroid (hipertiroidisme), dan tiroiditis Hashimoto, yang tidak menghasilkan cukup (hipotiroidisme) hormon.

Gejala penyakit autoimun mungkin parah pada beberapa orang dan ringan pada orang lain. “Ada berbagai derajat penyakit autoimun,” kata Orbai. “Gejala yang dialami seseorang kemungkinan besar terkait dengan berbagai faktor yang mencakup genetika, lingkungan, dan kesehatan pribadi.”

# Gejala Penyakit Autoimun

Gejala awal dari banyak penyakit autoimun sangat mirip, seperti:

1. Kelelahan

2. Otot pegal

3. Bengkak dan kemerahan

4. Demam ringan

5. Kesulitan berkonsentrasi

6. Mati rasa dan kesemutan di tangan dan kaki

7. Rambut rontok

Soal penyakit autoimun (lifestyle.bisnis.com)

8. Ruam kulit

Penyakit individu juga dapat memiliki gejala uniknya sendiri. Misalnya, diabetes tipe 1 menyebabkan rasa haus yang ekstrem, penurunan berat badan, dan kelelahan. IBD menyebabkan sakit perut, kembung, dan diare.

Dengan penyakit autoimun seperti psoriasis atau RA, gejala bisa datang dan pergi. Periode gejala disebut flare-up. Periode ketika gejala hilang disebut remisi.

Garis Dasar: Gejala seperti kelelahan, nyeri otot, bengkak, dan kemerahan bisa menjadi tanda penyakit autoimun. Gejala mungkin datang dan pergi seiring waktu.

Salah satu gejala autoimun (lifestyle.kompas.com)