Nikmati Hidupmu! Begini Cara Ngomong "Tidak" Untuk People Pleaser

Pernah mendengar tentang people pleaser? Jika kamu salah satunya, coba deh ikuti tips berikut ini!

Pernah mendengar tentang people pleaser? Istilah ini merujuk pada jenis orang yang sulit mengatakan ‘tidak’ dan cenderung mengikuti permintaan orang lain. Mereka merasa tidak enak untuk menolak, meski nantinya mereka akan merasa kesusahan sendiri.

Orang dengan people pleaser memang terlihat baik, karena selalu memberi pertolongan dan menyenangkan orang lain. Namun, sayangnya ada orang-orang tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan kebaikan tersebut.

Karenanya, kamu harus belajar untuk bersikap tegas agar mereka tak semakin semena-mena dan memanfaatkanmu. Kalau kamu termasuk orang yang demikian, yuk belajar bicara “tidak” pada permintaan yang tidak masuk akal demi kebahagiaan hidupmu sendiri. Tapi bagaimana ya caranya? Simak ulasan berikut ini!

1. Menolak dengan Tegas

Sikap yang tegas akan membuat orang lain takut untuk memanfaatkan kamu. Ucapkan "tidak" tanpa alasan apapun. Karena menjelaskan alasan ketidakbisaanmu hanya akan membuat kamu merasa bersalah. Lagipula, kamu tidak harus selalu menjelaskan alasanmu menolak sebuah permintaan karena itu adalah wewenangmu.

People Pleaser (via Suara)

2. Menolak dengan Memberikan Alasan Kesibukan

Jika kamu masih menyimpan rasa tidak enak untuk menolak, tapi sebenarnya kamu ingin menolak permintaan seseorang. Coba beri alasan kesibukan, agar terlihat masuk akal dan kamu tidak akan merasa bersalah setelahnya. Misalnya katakan, “Sorry banget, Nih! Aku udah ada schedule.” Dengan demikian, orang lain akan lebih bisa memahami alasanmu menolaknya.

People Pleaser (via Hipwee)

3. Menolak dengan Tetap Memberikan Apresiasi

Kamu juga bisa menolak seseorang dengan tetap mengapresiasi ajakan seorang teman. Dengan begitu, dia merasa bahwa sebenarnya permintaannya tidak ditolak, hanya saja kamu tidak bisa turut serta.

Kamu bisa mengatakan, “Terima kasih ya, udah ngajak. Tapi maaf banget nih, aku nggak bisa ikutan.” Setidaknya dengan berkata demikian, kamu bisa menunjukkan sikap tegas tanpa harus menyakiti hati orang lain.

People Pleaser (via Suara)

4. Menolak dengan Menawarkan Opsi Lain

Cara terakhir mengatakan “tidak” untuk people pleaser adalah dengan menawarkan opsi lain yang kamu bisa. Seandainya permintaan teman kamu ternyata di luar kapasitas kamu, maka kamu tetap bisa membantu tapi dengan pilihan lain yang tidak memberatkan kamu. Coba katakan, “Maaf ya, aku nggak bisa. Aku cuma bisa bantuin yang ini.”

Bagi seorang people pleaser, mengatakan tidak bukan hal mudah. Dia akan selalu merasa bersalah karena tidak mampu membahagiakan orang lain. Tapi ingat, kebahagiaan orang lain bukanlah tanggung jawabmu, jadi berusalah berkata “tidak” untuk sesuatu yang tidak kamu inginkan.