Rahasia Makanan yang Bikin Panjang Umur Orang Kaukasus, Kalian Harus Coba

Rahasia panjang umur orang-orang Kaukasus bukan meminum ramuan keabadian. Mereka cuma rutin mengkonsumsi makanan-makanan sehat ini biar panjang umur.

Magomed Labazanov adalah seorang warga di wilayah Kaukasus, Rusia. Meski kabarnya duka, tapi dia sempat bikin heboh dunia karena meninggal di usia ke 122 tahun pada 2012 lalu.   Labazanov hanyalah satu dari sekian orang Kaukasus yang mampu hidup hingga lebih dari 100 tahun. Sementara rata-rata harapan hidup orang-orang Rusia yakni sekitar 72 tahun, 80 tahun, dan seterusnya. Mereka adalah warga yang tingga di kawasan Kaukasus seperti Ingushetia, Dagestan, Kabardino-Balkaria, dan lain-lain.

Hal ini diungkap berdasarkan data statistik resmi pada 2017 lalu. Namun, apa sih yang menyebabkan orang-orang Kaukasus bisa panjang umur? 

Ternyata kita juga bisa mempelajari rahasia mereka selama ini, yakni mengkonsumsi sejumlah makanan yang rutin dikonsumsi orang Kaukasus agar panjang umur, sehat sentosa, dan bahagia. Apa aja? Cek lah yuk.

themoscowtimes.com

Keju

Orang Kaukasus juga membuat keju, tapi tidak sebanyak keju yang diproduksi orang Prancis. Keju Kaukasus yang terkenal di antaranya keju suluguni dan adygei asin.

Mereka rutin mengkonsumsi keju susu asam yang dicampur dengan adjika, daun mentol, dan ketumbar. Keistimewaan keju ini hanya mengandung lemak 20 sampai 30 persen dan mudah diserap tubuh?

id.rbth.com

Produk susu fermentasi

Orang-orang Kaukasus rutin meminum susu dan produk turunan lainnya dari hewan-hewan ternak atau peliharaan mereka. Sapi atau kambing, yang diperah susunya, diminum segar, direbus, atau diasamkan.

Biar lebih enak, mereka menambahkan madu. Tapi rahasia utamanya adalah meminum produk susu yang dibuat dengan fermentasi khusus seperti ayran, matzoni, dan narine. Minuman ini membantu mikroflora yang sehat di usus dan mengurangi risiko kanker.

velocityzurich.com

Kenari

Pohon kenari banyak tumbuh subur di wilayah Kaukasus. Kenari biasa dijadikan hidangan hingga kudapan lokal. Mereka biasa menambahkan kenari untuk salad, masakan daging, sambal, produk olahan, serta susu. Ada juga minyak kenari.

Kenari mengandung kalori tujuh kali lebih banyak dari daging sapi. Begitu juga protein, lemak, karbohidrat, dan asam amino yang dibutuhkan tubuh biar lebih sehat.

Orang-orang Kaukasus juga lebih sedikit mengonsumsi makanan manis. Mereka menggantinya dengan buah dan madu. Turis yang berkunjung ke sana juga sering membawa oleh-oleh chuchkhela, makanan penutup terbuat dari kacang, tepung, dan jus anggur atau delima. Ada juga baklava, halva, serta buah.

shutterstock.com

Jagung

Jagung adalah makanan utama orang-orang Kaukasus. Hidangan utamanya adalah bubur kental yang dibuat dari tepung jagung, keju minyak, dan asam susu. Makanan itu disebut mamalyga.

Makanan ini sering dijadikan makanan penutup. Namun ada juga churek, terbuat pula dari jagung yang dimaniskan dengan madu. Diisi dengan keju dan kacang kenari.

Jagung memiliki kadar asam amino triptofan yang rendah. Dengan diet rendah tirptofan, kita dapat meningkatkan harapan hidup seseorang. Akan tetapi, malah justru berbahaya jika dikonsumsi pada usia muda.

wikipedia.com

Sayuran

Sayuran yang dikonsumsi orang-orang Kaukasus kebanyakan dari kacang-kacangan. Selain itu juga daun kohlrabi, akar bit, serta kubis. Mereka biasa membuat salad yang dibumbui adjika, kenari, dan sayuran hijau peterseli.

Adjika adalah sambal pedas yang terbuat dari cabai merah, bawang putih, garam, dan rempah-rempah. Menurut penelitian, makanan pedas membantu tubuh menormalkan tekanan darah serta meningkatkan sirkulasinya.

tastdish.com

Daging

Orang-orang Kaukasus rutin pula mengkonsumsi daging-dagingan. Mulai dari daing domba, kambing, hingga sapi. Satu makanan khasnya adalah khinkali atau pangsit khas Georgia. Mereka juga makan daging ayam yang sudah menjadi tradisi seperti ayam goreng, ayam panggang, ayam rebus dengan adjika. Termasuk ayam dengan saus kacang.

caucasianchallenge.com

Anggur

Masyarakat Kaukasus banyak memproduksi anggur merah. Mereka menganggap, 3 gelas anggur merah adalah pola konsumsi harian agar hidup mereka lebih panjang. 

Gimana? Nggak ada salahnya mencoba makanan-makanan orang-orang Kaukasus ini lho. Umur mereka panjang-panjang. Tapi bahan-bahan makanannya mungkin sulit didapat kalo di sini. Selamat mencoba ya.

cbw.ge