5 Makanan yang Seharusnya Nggak Disimpan di Kulkas, Biar Rasa Nggak Berkurang

Kulkas menjadi tempat menyimpan paling aman. Tapi enggak buat 5 makanan ini.

Selain agar tetap segar. Disimpan di kulkas agar tidak lekas busuk. Tetapi, karena ada beberapa yang bisa kehilangan rasa dan tekstur asli. Atau bahkan punya bau yang berpengaruh ke seluruh isi kulkas. Nggak seharusnya makanan-makanan ini dimasukkan kulkas. Coba deh disimak.

1. Tomat

Tomat jika ditaruh lemari es. Maka proses pematangan akan berhenti dan mengurangi rasa. 

Struktur kimia dalam tomat akan berubah. Senyawa volatil dalam buah akan mengurangi rasa. Tekstur dan warna akan dipengaruhi oleh suhu kulkas. Suhu kulkas dibawah 5 derajat selsius dapat mengubah buah menjadi lebih lembut dan beradu dengan suhu dingin.

johnyseeds.com

2. Kentang

Kentang harus disimpan di tempat sejuk dan dingin. Baiknya disimpan dengan dibungkus kertas. Atau kantong berlubang agar tetap kering. Tetapi, nggak disimpan dalam lemari es.

Jika disimpan pada lemari es yang dingin. Maka tepung kentang akan menjadi gula. Ini menyebabkan teksturnya berubah. Warna berubah dan rasanya jadi manis setelah dimasak.

joe.ie

3. Bawang merah

JIka bawang merah tidak dikupas. Maka butuh disimpan di tempat kering dan sejuk. Dengan banyak pertukaran udara, bukan di dalam kulkas. 

Menurut National Onion Association, satu-satunya bawang merah yang bisa disimpan di kulkas, adalah yang sudah dikupas. Agar kandungan air tetap tingi, atur kelembaban terendah. Serta membiarkannya tetap kering. Kalo sudah dipotong-potong, simpan dalam wadah tertutup. Ini bisa tahan disimpan hingga tujuh hari.

Sedangkan bawang putih, jika ditaruh di kulkas bisa membuat jadi lapuk. Cara terbaik menyimpannya pada suhu ruangan, tempat yang kering dan gelap. Serta memiliki sirkulasi udara yang cukup. Karena gampang bertunas, jadi ditaruh saja di tempat gelap. 

catatanmel.com

4. Roti

Kulkas adalah tempat terburuk untuk berbagai jenis roti. Roti yang disimpan di kulkas diharapkan nggak basi. Tetapi, malah bikin gampang basi. 

Pada dasarnya, suhu dingin menyebabkan pati menjadi lebih cepat berkristal daripada suhu kamar. Ini membuat roti jadi keras dan basi. 

en.wikipedia.org

5. Pisang

Meletakkan pisang setelah matang ke dalam kulkas. Bisa membantu makanan ini tetap matang selama beberapa hari. Tapi, jika meletakannya saat masih mentah dan keras. Maka buah ini nggak akan pernah matang.

Menyimpannya dalam kulkas bisa membuat kulitnya menjadi hitam. 

mynetdiary.com