Susu Kecoa Bisa Jadi Alternatif Superfood yang Kaya Protein Di Masa Depan

Susu Kecoa Bisa Jadi Alternatif Superfood yang Kaya Protein Di Masa Depan

Bayangin lihat kecoa aja udah jijik banget rasanya. Ini malah bakal ada trend susu kecoa di tahun 2020 ini. Dikutip dari Metro.co.uk, susu kecoa udah diprediksi bakal hits sejak tahun 2018 lalu. Tahun ini susu kecoa mulai hits lagi jadi susu alternatif dengan banyak nutrisi.

Susu kecoa menjadi salah satu superfood karena kaya dengan kandungan protein. Ahli gizi Egzona Makolli mengatakan susu kecoa mengandung zat gizi yang digunakan oleh kecoa betina untuk memberi makan anak mereka.

Trend susu kecoa (dairyfarmersofcanada.ca)

Selain hanya diasilkan oleh kecoa betina, ternyata juga gak sembarang kecoa yang bisa menghasilkan susu. Hanya satu jenis kecoa, yaitu kecoa kumbang Pasifik.

Penelitian menunjukkan bahwa susu kecoa mengandung kristal protein yang dikemas dengan sejumlah asam amino esensial penting untuk kesehatan. Kristal-kristal dalam susu ini perlahan-lahan melepaskan protein yang memungkinkan aliran nutrisi yang stabil dalam tubuh.

Para ahli juga percaya susu yang diekstraksi dari usus kecoak lebih padat energi dan kaya protein dibandingkan susu lainnya. Bahkan memiliki nutrisi tiga kali lebih banyak daripada ASI.

Susu kecoa masuk superfood (metro.co.uk)

Tapi jumlah kecoa yang dibutuhkan untuk membuat susu ini bayak banget. Bisa jadi kerjaan baru nih. Ternak kecoa kumbang pasifik. Dibutuhkan 1.000 kecoa untuk menghasilkan hanya 3,5 ons susu.

Susu diambil dari usus seekor kecoa. Jadi produksi massal dari susu serangga ini masih menjadi pertimbangan juga. Mungkin bentuknya lebih mirip suplemen daripada susu yang biasanya diminum.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"