Penting! Lari Maraton Punya Bahaya Kesehatan Hingga Bikin Kematian, Ini Alasannya

Penting! Lari Maraton Punya Bahaya Kesehatan Hingga Bikin Kematian, Ini Alasannya

Lari maraton kerap dilakukan dan udah menjadi hobi bagi sebagian orang. Apalagi, banyak negara yang mengadakan lomba ini. Tapi tau nggak sih, ternyata lari maraton punya efek negatif kesehatan yang bisa menyebabkan kematian. Ada banyak kasus meninggal saat lari maraton.

Emang sih maraton itu punya manfaat kesehatan. Tapi aktivitas lari berlebihan juga sebenarnya nggak baik gengs. Penelitian tahun 2011 yang diterbitkan US National Library of Medicine National Institute of Health nunjukin kalo olahraga ektrim kayak maraton punya efek negatif buat jantung.

lari maraton (kompas.com)

Saat tubuh kita terbakar dalam jangka waktu panjang, ini melepaskan radikal bebas  yang bisa mengikat dengan kolesterol. Proses ini pun bikin penumpukan plak di arteri dan bikin peradangan. 

Makanya, maraton meningkatkan risiko seseorang kena serangan jantung. Bisa bertambah risiko ini saat perlombaan berlangsung. Seperti kita tau, saat lomba, adrenalin kita makin terpacu yang menempatkan kondisi jantung ditekan ekstra. 

lari maraton yang berbahaya bagi kesehatan (nytimes.com)

Kejadian soal atlet maraton meninggal dunia saat perlombaan banyak terjadi gengs. Misalnya kayak seorang pria bernama Jim Fixx yang meninggal karena serangan jantung saat lari maraton di Vermont.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"