Peneliti Sempat Mengabaikan Gejala Diare, Ternyata Virus Corona Bisa Menular Lewat Tinja

Peneliti Sempat Mengabaikan Gejala Diare, Ternyata Virus Corona Bisa Menular Lewat Tinja

China masih berusaha untuk menenmukan cara mengatasi virus corona. Berbagai hal dilakukan oleh tim peneliti untuk menemukan penyebab penyebaran dan menemukan vaksin.

Beberapa waktu yang lalu China mulai bekerjasama dengan Rusia untuk membuat vaksin. Kini kabar terbaru menyatakan kalau virus ini bisa menyebar melalui tinja manusia.

Untuk itu orang-orang yang sehat diharapkan bisa menjaga kebersihan. Kini virus corona yang menginfeksi lebih dari 14.000 orang di 24 negara.

Virus corona menyebar lewat tinja (genengnews.com)

Virus ini bisa hidup dan ditularkan melalui saluran pencernaan. Dikutip dari Bloomberg.com, bahan genetik virus ditemukan pada tinja pasien.

Temuan ini dibuat oleh para ilmuwan dari Rumah Sakit Renmin Universitas Wuhan dan Institut Virologi Wuhan dari Akademi Ilmu Pengetahuan Tiongkok.

Setelah mencatat bahwa beberapa pasien yang terinfeksi virus 2019-nCoV mengalami diare saat baru terjangkit virus corona. Bukannya demam seperti biasanya ketika tubuh melawan virus.

Virus corona menyebabkan diare (ctm.co.za)

Kesimpulannya, berarti patogen dapat ditularkan di sepanjang rute fecal-oral, tidak hanya dari kontak dengan cairan batuk orang sakit.

Dokter telah terfokus pada sampel pernapasan dari kasus pneumonia untuk mengidentifikasi pasien virus corona. Tapi mengabaikan gejala diare yang terjadi. Sekarang diketahui bahwa virus corona bisa menular lewat tinja juga.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"