Mengenal Apa itu Prurigo atau Darah Manis, Apa Penyebab dan Bagaimana Menyembuhkannya?

Mengenal Apa itu Prurigo atau Darah Manis, Apa Penyebab dan Bagaimana Menyembuhkannya?

Prurigo nodularis (PN) adalah penyakit kulit yang menyebabkan terbentuknya benjolan keras (nodul) yang gatal pada kulit. Rasa gatal (pruritus) bisa sangat hebat, menyebabkan orang menggaruk kulitnya sendiri sampai berdarah atau sakit. Menggaruk dapat menyebabkan lebih banyak lesi kulit muncul.

Gatal akan terasa lebih parah saat panas, berkeringat, atau iritasi dari pakaian. Dalam beberapa kasus, orang dengan PN memiliki riwayat penyakit lain termasuk eksim (dermatitis atopik), limfoma, infeksi HIV, anemia berat, atau penyakit ginjal.

Contoh prurigo nodularis di kulit tangan (homeodoctor.co.in)

Penyebab pasti dari PN tidak diketahui. Meskipun garukan diketahui menyebabkan munculnya lebih banyak bintil, tidak jelas apa yang pertama kali menyebabkan gatal. Diagnosis penyakit ini didasarkan pada pengamatan tanda-tanda seperti kulit yang sangat gatal dengan pembentukan nodul.

# Gejala Prurigo

Gejala utama prurigo nodularis (PN) adalah terbentuknya benjolan (nodul) yang keras dan sangat gatal pada kulit. Nodul dapat berkisar dalam ukuran dari sangat kecil hingga sekitar setengah inci dengan diameter.

Nodul memiliki bagian atas yang kasar dan kering dan bisa hanya berjumlah satu dua hingga ratusan. Nodul paling sering terbentuk di lengan luar, bahu, dan kaki. Nodul juga bisa terbentuk di leher dan batang tubuh, dan jarang terbentuk di wajah dan telapak tangan.

Benjolan keras ini mungkin berwarna lebih terang atau lebih gelap daripada kulit di sekitarnya. Jaringan parut dapat terjadi setelah nodul mulai sembuh.

Gejala PN dapat dimulai pada usia berapa pun tetapi paling sering terjadi pada orang dewasa antara 20-60 tahun. Orang yang memiliki PN mungkin menjadi sangat khawatir tentang munculnya nodul, dan kulit yang sangat gatal dapat mengganggu tidur atau aktivitas sehari-hari. Hal ini dapat menyebabkan orang dengan PN mengalami stres dan depresi.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"