Gegara Pakai Skincare Kadaluwarsa, Wajah Wanita Ini Jadi Hancur Terbakar

Gegara Pakai Skincare Kadaluwarsa, Wajah Wanita Ini Jadi Hancur Terbakar

Seorang dokter kecantikan mengeluarkan sebuah peringatan keras kepada para wanita untuk tidak memakai skincare yang sudah kadaluarsa. Video di TikTok-nya itu pun viral setelah ia memperlihatkan contoh kondisi wajah wanita yang terbakar usai memakai produk skincare expired.

Dokter bedah plastik, Dr. Anthony Youn atau biasa dikenal dengan nama akun TikTok @DoctorYoun itu  menceritakan pengalaman wanita bernama @BeastEater yang mengalami infeksi bakteri parah karena memakai skincare yang sudah kadaluwarsa untuk mengatasi jerawatnya.

Dr. Youn menjelaskan bila wanita itu mulai merasa wajahnya seperti terbakar hingga ia mencoba mencuci wajahnya secara berulang. Tetapi, hasilnya malah semakin parah.

Wajah wanita @BeastEater yang terbakar (via tiktok)

"Seperti yang Anda lihat, dia mengalami luka bakar sebagian dan bahkan hampir luka bakar penuh di area dahi di antara matanya," ujar Dr. Youn sambil menunjukkan area yang terkena.

Empat hari kemudian, wanita itu berkunjung ke rumah sakit dan dokter mendiagnosisinya infeksi bakteri yang telah menyebar ke aliran darah. Untung saja, infeksi tersebut bisa diatasi segera.

"Ketika produk kedaluwarsa, komposisi kimianya dapat berubah dan dapat menumpuk pertumbuhan bakteri, yang keduanya bisa menyebabkan reaksi seperti yang dialami oleh wanita ini," kata sang dokter

Mayo Clinic juga mengingatkan bahayanya memakai produk yang sudah kadaluwarsa.

"Risiko yang terkait dengan penggunaan makeup yang sudah kedaluwarsa termasuk pori-pori tersumbat dan pertumbuhan bakteri. Penting untuk memperhatikan berapa lama produk makeup telah disimpan agar dapat menghindari potensi bahaya kesehatan ini," tulis pakar di situs web mereka.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"