Bolehkah Menaruh Makanan Panas ke Dalam Kulkas? Begini Penjelasannya

Bolehkah Menaruh Makanan Panas ke Dalam Kulkas? Begini Penjelasannya

Banyak orang yang seringkali memasukkan makanan dalam kondisi panas ke dalam kulkas. Padahal, dilansir dari Self (23/3), hal ini sangatlah tidak baik dilakukan.

"Makanan yang sudah dingin (sisa) adalah komponen penting yang harus disimpan dalam kulkas," ujar Nicole Richard, seorang peneliti keamanan pangan dari University of Rhode Island.

Ya, intinya kita tak dibolehkan memasukkan makanan yang masih panas ke dalam kulkas, kecuali jika makanan itu sudah dalam kondisi dingin atau tersisa. Hal ini dianjurkan supaya makanan tersebut terbebas dari bakteri patogen sekaligus hinggapan serangga seperti lalat.

Ilustrasi menaruh makanan di kulkas (via freepik)

Serangga tersebut berbeda dengan bakteri penyebab keracunan makanan yang terkenal seperti salmonella dan E.coli. Sebaliknya, bakteri C. perfringens dan B. cereus dapat membentuk spora tahan panas yang mampu bertahan pada suhu tinggi.

Bakteri ini akan berkembang bila makanan terlalu berada di zona yang berbahaya hingga bisa menyebabkan sakit. Seorang dokter bernama Dr. Schaffner mengatakan kondisi ini bisa memicu terjadinya keracunan hingga muntah maupun diare.

Selain itu, ia juga menegaskan soal fakta penyimpanan makanan yang tepat. Yang paling penting adalah kita tak perlu terburu-buru mendinginkan sisa makanan. Biarkan saja makanan yang panas diletakkan di atas meja beberapa saat, karena perbedaan suhu makanan dan ruangan yang tak terlalu besar.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"