Berhenti dari Sekarang, Ini 5 Bahaya Minum Kopi Sachet yang Jarang Diketahui

Berhenti dari Sekarang, Ini 5 Bahaya Minum Kopi Sachet yang Jarang Diketahui

Minum kopi di Indonesia sudah menjadi budaya. Pagi, siang, bahkan malam menjelang tidur banyak orang minum kopi. Salah satu pilihan kopi yang disukai orang Indonesia adalah kopi sachet  atau kopi instan. Kopi ini dipilih karena harga yang murah dan mudah untuk dibuat.

Kopi jenis ini juga mudah didapatkan mulai dari warung hingga minimarket. Ternyata jarang diketahui bahwa kopi sachet menyimpan bahaya yang jarang diketahui. Cobalah untuk mengurangi bahkan berhenti minum dari sekarang. Dilansir dari beberapa sumber, berikut 5 bahaya minum kopi sachet bila berlebihan.

1.    Meningkatkan Risiko Kanker

Namanya kopi pasti kopi sachet mengandung kafein dan acrylamide atau akrilamida. Kedua unsur itu memiliki bahaya untuk kesehatan. Akrilamida adalah senyawa kimia yang terbentuk dari proses pemanggangan biji kopi. Akrilamida jua ditemukan di asap, peralatan rumah tangga, dan makanan.

Sejumlah penelitian menyebut bahwa senyawa akrilamida bisa memicu tumbuhnya sel kanker dalam tubuh. Saat kopisachet diminum maka akrilamida akan berubah menjadi senyawa glycidamide yang menyebabkan mutasi dan memicu kanker.

Berhenti dari Sekarang, Ini 5 Bahaya Minum Kopi Sachet yang Jarang Diketahui (Tokopedia)

2.    Berat Badan Naik

Mungkin karena dianggap hanya kopi sachet banyak orang tidak memikirkan kandungan gula dan kalori dalam satu bungkus kopi. Minum segelas kopi sachet akan meningkatkan asupan kalori harian. Dalam 1 gram gula, ada tambahan 4 kkal kalori. Nah, dalam sebungkus kopi sachet ada 13 gram gula berarti ada sekitar 52 kkal. Kalori yang besar bisa membuat berat bedan jadi naik.

3.    Kolestrol Naik

Kopi sachet tidak hanya mengandung gula saja karena terdapat krimmer yang mengandung lemak jenuh. Bahaya lemak jenuh dalam kopi sachet ternyata bisa meningkatkan kadar kolestrol jahat dalam tubuh lho. Padahal biasanya kolestrol dalam tubuh terjadi karena makanan-makanan yang tidak sehat.

Jika kolestrol menumpul dalam tubuh membuat aliran darah jadi tersumbat sehingga tekanan darah jadi meningkat dan memicu gangguan kesehatan yang disebut hipertensi.Jika tidak segera diatasi, hipertensi bisa menyebabkan kondisi tubuh jadi tidak sehat.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"