Benarkah Air Kelapa Muda Dicampur Jeruk Nipis dan Garam Dapat Obati Covid-19? Yuk, Cek Faktanya

Benarkah Air Kelapa Muda Dicampur Jeruk Nipis dan Garam Dapat Obati Covid-19? Yuk, Cek Faktanya

Baru-baru ini beredar sebuah narasi di pesan singkat yang menyebutkan bahwa air kelapa muda yang dicampur jeruk nipis, garam, dan madu dapat mengobati Covid-19.

Narasi tersebut beredar melalui pesan di platform pesan WhatsApp. Racikan air kelapa yang dicampur dengan jeruk nipis, garam, dan madu disebut mampu mengobati pasien yang positif covid-19.

Berikut isi narasi pesan tersebut.

"Tolong bantu dikasih tahu ke saudara-saudara kita yang kena Covid-19. Ini obat pemberian dari Tuhan yang mudah didapat yang sangat manjur.

1 biji air kelapa muda

1 biji jeruk nipis diperas

1/2 sendok teh garam

2 sendok madu

Semua diaduk dan diminum airnya, dijamin 1 jam kemudian virusnya akan hilang. Mudah-mudahan semua dalam keadaan sehat walafiat.

Info dari teman yang kakaknya di Kota Bau-Bau Sulawesi Tenggara, obat herbal ini sangat manjur. Bisa diinfokan ke saudara, teman, atau keluarga kita. Terima kasih. Indahnya berbagi."

Lantas, benarkah informasi disampaikan dalam narasi pesan yang beredar itu?

Begini penjelasannya. Dikutip dari Suara.com, Rabu (1/9/2021), belum ada hasil penelitian yang menyebutkan tentang campuran air kelapa, jeruk nipis, garam, dan madu sebagai obat Covid-19.

Fakta tentang Campuran Kelapa Muda, Jeruk Nipis, dan Garam (KlikDokter)

Menanggapi hal tersebut, Guru Besar Departemen Penyakit Dalam FKUI, Ari Fahrial Syam, menegaskan bahwa campuran tersebut justru berpotensi meningkatkan asam lambung dan menyebabkan maag.

"Kalau orang ada masalah dengan maag, itu bisa jadi problem. Jeruk nipis asam sama garam asin, maagnya bisa kambuh. Saya terus terang saja juga ada pasien-pasien dapat jeruk nipis, jadi maag-nya kambuh," papar Ari.

Sementara itu, Epidemiolog sekaligus Juru Bicara Satgas Covid-19 RS UNS Tonang Dwi Ardyanto mengatakan, campuran air kelapa muda, jeruk nipis, dan garam dapat membuat tubuh kita kuat melawan virus.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"