5 Cara Mengatasi Sakit Kepala Tanpa Minum Obat

5 Cara Mengatasi Sakit Kepala Tanpa Minum Obat

Setiap orang pasti pernah ngalamin sakit kepala. Bisa sebelah yang biasa disebut migrain atau keseluruhan sampai leher jadi ikutan tegang, perut kembung, dan mual pengen muntah. Rasa nyeri di kepala ini biasanya disebabkan oleh hal-hal kayak kurang tidur, telat makan, atau stres. 

Yang pasti sih sakit kepala ini bikin nggak nyaman dan menghambat aktivitas. Bawaannya pengen langsung minum obat biar plong. Tapi kalau sering minum obat juga takut ada efek samping yang nggak baik buat tubuh. 

Tenang, ada kok cara-cara mengatasi sakit kepala yang nggak mesti minum obat. Kamu bisa manfaatin bahan-bahan berikut ini biar lebih lega dan cepat hilang sakitnya~

Mengatasi sakit kepala (wellandgood.com)

Istirahat di ruangan gelap 

Yang bisa pertama kali kamu lakukan ketika ngerasa pusing adalah mencari ruangan gelap. Kalau di rumah, bisa langsung ke kamar dan matikan lampu. Kalau lagi di luar rumah, sebisa mungkin deh cari ruangan gelap buat istirahat. Sakit kepala biasanya datang dengan rasa tegang, nah kegelapan bisa bantu otot-otot yang tegang jadi lebih rileks. 

Memijat pelipis dan tengkuk

Biar nyerinya berkurang, kamu bisa nih memijat bagian leher belakang dan pelipis. Biar makin enakan, bisa tambahin minyak angin atau minyak aromaterapi yang ada efek menghangatkan. Olesin minyak sedikit ke tengkuk dan pelipis, terus beri pijatan lembut sampai ngerasa enakan. Kamu juga bisa mengoleskan minyak angin di perut biar nggak mual. 

Mengatasi sakit kepala (karyosmond.com)

Minum air 

Jangan lupa buat minum air putih ketika kamu ngerasa sakit kepala. Bisa jadi penyebabnya memang karena dehidrasi. Minum cukup air bisa mengurangi rasa nyerinya udah gitu bikin kamu ngerasa lebih baik setelahnya. 

Minum jahe hangat

Pilihan lain adalah minum jahe hangat yang ampuh buat mengusir sakit kepala. Minuman ini bikin tubuh jadi lebih hangat, rileks, ngurangin ketegangan di kepala sampai ke leher, dan lama-lama sakitnya nggak terasa lagi.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"