Apa cuma ini hewan-hewan yang geraknya paling lambat di dunia? Ada gitu yang lebih lamban dari ini?

Semua makhluk hidup sebenarnya tercipta sama, sama-sama bernapas dan butuh makan. Butuh tidur, butuh macam-macam lah (*tebak sendiri, hehehe). Tapi soal gerak, ada yang cepat ada yang lambat.

Nah, apa cuma ini ya hewan-hewan yang geraknya paling lambat di dunia? Apa ada lagi yang lebih lambat dari mereka? 

Dikutip dari IDNTimes, coba simak nih deretan hewan yang geraknya paling lambat di dunia. 

1. Kukang

1. Kukang Ini nih si kukang, lambaaatttt banget doi (worldwildlife.org)

Kukang dinobatkan menjadi hewan dengan gerakan paling lambat di dunia ini. Mereka lebih senang diem-diem aja dan nggak banyak tingkah. Gayanya emang gitu, woles banget.

Gerakannya lamaaaaaa banget .... Soalnya, massa otot yang dimilikinya rendah sekali. Meski lambat, mereka pintar juga dalam hal kamuflase untuk pertahanan diri. Mereka akan diem-diem aja di pohon sampe para calon pemangsanya capek sendiri nungguin dia yang diem doang.

Mereka umumnya tinggal di kawasan Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Pernah lihat?

2. Bintang laut

2. Bintang laut Kayak Patrick Star ya ... (en.wikipedia.org)

Hewan terlambat selanjutnya adalah bintang laut. Mereka masuk dalam filum Echinodermata yang memiliki lima lengan. Kadang juga lebih sih.

Gerakan mereka cuma beberapa inci aja per menitnya. Nggak kayak Patrick Star ya hehe. Binatang ini membuat pertahanan diri dengan eksoskeletonnya untuk menghindar dari pemangsa seperti ikan hiu, kepiting, atau bintang laut lainnya.

Kalau salah satu lengannya putus, lengannya akan tumbuh lagi dengan sendirinya. Kece yak!

3. Siput

3. Siput Siput, gerakannya juga lamaaaa bangets (howstuffworks.com)

Siput juga nih, doi adalah salah satu hewan paling lambat di dunia dalam urusan gerakan. Kecepatan geraknya cuma 1,3 sentimeter per detik. 

Mereka masuk dalam filum Molusca dan mengeluarkan lendir yang berguna membantu mereka bergerak dan menempel di permukaan tanah atau benda apa pun.

Mereka memiliki habitat alami di Eropa Barat dan Mediterania. Tapi konon, para penjelajah Eropalah yang menyebarkan siput ke seluruh dunia.

4. Kura-kura raksasa

4. Kura-kura raksasa Kura-kura raksasa (pixabay.com)

Kura-kura raksasa masuk juga nih dalam kategori hewan paling lambat di dunia. Kecepatan geraknya kurang dari setengah mil per jam. Tapi hebatnya, reptil yang satu ini bisa punya usia panjang banget, ada loh yang lebih dari 100 tahun.

Reptil yang satu ini punya berat hingga 415 kilogram dengan panjang hingga 1,3 meter. Ada dua jenis kura-kura raksasa, pertama adalah kura-kura raksasa Galapagos yang hidup di Pulau Galapagos sana. Kedua adalah kura-kura raksasa aldabra yang hidup di kepulauan Aldabra, Sychelles.



Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna



Facebook Conversations