Sosok Asli Dibalik Karakter 'Ronin' dari Gim 'Call of Duty: Modern Warfare'

Sosok Asli Dibalik Karakter 'Ronin' dari Gim 'Call of Duty: Modern Warfare'

Penggemar gim Call of Duty: Modern Warfare tentu sangat mengenal karakter yang dapat dimainkan bernama Daniel Shinoda. Karakter yang juga dikenal sebagai Ronin ini merupakan Operator Warcom dari faksi Koalisi.

Usia Ronin di dalam gim memang cukup baru. Ia dirilis pada 21 April 2020 selama konten Musim Ketiga sebagai bagian dari "Ronin Operator Bundle". Dan ternyata karakter ini diambil dari figur asli di dunia nyata.

Sosok asli dibalik karakter 'Ronin' CoD: Modern Warfare (blog.activision.com)

Sebagian besar karakter dalam franchise Call of Duty biasanya merupakan figur gabungan tentara yang masih aktif, masukan dari veteran dan penasihat militer. Ronin diambil dari tokoh veteran tentara AS bernama Tu Lam.

Profil Tu Lam ternyata bukan tentara biasa saja. Saat masih anak-anak, Lam melarikan diri dari pemerintah komunis Vietnam pada tahun 1979. Ia menumpang kapal penangkap ikan yang penuh muatan dan akhirnya sampai ke tanah Amerika Serikat. 

Lam kemudian masuk ke Angkatan Darat AS. Ia mengikuti jejak ayah tirinya, yang mengabdi sebagai Pasukan Khusus. Ia menghabiskan 18 dari 23 tahun karir militernya berada di kesatuan tersebut sebelum akhirnya pensiun dengan pangkat sersan mayor.

Sosok asli dibalik karakter 'Ronin' CoD: Modern Warfare (youtube.com)

Setelah tak lagi berada di dalam kesatuan, Lam mendirikan sebuah perusahaan yang menyediakan peralatan dan pelatihan pertahanan diri untuk masyarakat sipil dan penegak hukum bernama Ronin Tactics. Ya nama perusahan ini yang menjadi nama karakter Tu Lam di gim Call of Duty: Modern Warfare.

Dave Stohl dari Infinity Ward, pengembang gim, mengatakan ia sangat senang bisa mendapat izin menggunakan sosok Tu Lam sebagai karakter gim-nya. "Ia merupakan karakter yang menakjubkan" ungkap Stohl.

"Mengapa saya menjadi begitu antusias, karena dia nyata orangnya. Filsafatnya, tato, semuanya. Saya pikir dia orang asli pertama yang kami gunakan dalam permainan seperti ini." tambah Stohl.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"