Peneliti MIT Kembangkan AI yang Paham Hukum Fisika Dasar Secara Intuitif

Peneliti MIT Kembangkan AI yang Paham Hukum Fisika Dasar Secara Intuitif

Kita sering beranggapan kalau kecerdasan buatan itu gunanya untuk membuat alat secara otomatis mengerjakan tugas tertentu. Tapi ternyata teknologi tersebut juga bisa membantu kita memahami diri kita dengan lebih baik. Setidaknya itulah yang dapat mereka kerjakan menurut tim peneliti di Massachusetts Institute of Technology (MIT) atas model AI baru mereka.

AI diberi nama ADEPT. Seperti manusia, sistem ini mampu memahami beberapa hukum fisika secara intuitif. Ia dapat melihat suatu objek dalam sebuah video, memprediksi bagaimana objek tersebut akan bertindak berdasarkan hukum-hukum fisika.

ADEPT akan 'merasa' terkejut jika apa yang dilihatnya kemudian menghilang atau berpindah ke tempat lain. Tim di belakang ADEPT mengatakan melalui model ini, peneliti lain dimasa yang akan datang daoat membuat AI yang lebih cerdas lagi. Termasuk juga memberi kita pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana bayi memahami dunia di sekitar mereka.

MIT kembangkan AI yang paham hukum fisika (engadget.com)

"Pada saat bayi berusia tiga bulan, mereka memiliki gagasan bahwa benda tidak muncul dan keluar begitu saja dari eksistensi, dan tidak dapat bergerak melalui satu sama lain atau berteleportasi," kata Kevin A. Smith, salah satu peneliti yang menciptakan ADEPT. 

"Kami ingin menangkap dan memformalkan pengetahuan itu untuk membangun kognisi bayi menjadi agen kecerdasan buatan. Kami sekarang semakin dekat dengan manusia dalam cara model dapat memisahkan adegan dasar yang tidak masuk akal atau masuk akal."

ADEPT bergantung pada dua modul untuk melakukan apa yang dilakukannya. Yang pertama meneliti suatu objek, menentukan bentuk, pose dan kecepatannya. Yang menarik dari modul ini adalah tidak melihat sesuatu secara terperinci. Ia hanya akan melihat perkiraan geometri dari sesuatu, daripada menganalisis setiap segi darinya, sebelum bergerak ke langkah berikutnya. 

Menurut tim ADEPT desain ini memungkinkan sistem untuk memprediksi pergerakan berbagai objek yang berbeda, bukan hanya objek yang dilatihnya untuk dipahami. Selain itu, ini merupakan aspek dari desain sistem yang membuatnya mirip dengan bayi. Seperti halnya ADEPT, ternyata anak-anak tidak terlalu peduli dengan sifat fisik spesifik dari sesuatu ketika mereka memikirkan bagaimana ia dapat bergerak.

Modul kedua adalah sistem fisika. Modul ini mirip dengan perangkat lunak yang digunakan pengembang video game untuk mereplikasi hukum fisika dunia nyata dalam gim mereka. Dibutuhkan data yang ditangkap oleh modul grafik dan mensimulasikan bagaimana suatu benda harus bertindak berdasarkan hukum fisika.

MIT kembangkan AI yang paham hukum fisika (coindesk.com)

Setelah memiliki beberapa hasil yang diprediksi, AI akan membandingkannya dengan sejumlah frame video. Jika ia melihat perbedaan antara yang AI pikirkan dengan dengan apa yang sebenarnya terjadi, ia akan mengirimkan sinyal. 

Semakin kuat sinyalnya, AI akan bertanya tentang apa yang baru saja terjadi. Yang menarik dari ADEPT adalah tingkat keheranannya cocok dengan manusia yang diperlihatkan rangkaian video yang sama.

Ke depan, tim mengatakan mereka ingin mengeksplorasi lebih jauh bagaimana anak-anak melihat dunia, dan memasukkan temuan-temuan itu ke dalam model mereka. 

"Kami ingin melihat apa lagi yang perlu dibangun untuk memahami dunia lebih seperti bayi, dan meresmikan apa yang kami ketahui tentang psikologi untuk membangun agen AI yang lebih baik," kata Smith.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"