Milyader Bill Gates Kabarnya Beli Kapal Pesiar Bertenaga Hidrogen

Milyader Bill Gates Kabarnya Beli Kapal Pesiar Bertenaga Hidrogen

Sebuah rumor menyebutkan jika investasi Bill Gates dalam teknologi ramah lingkungan saat ini menggabungkan teknologi masa edgy dengan simbol kemewahan yang mencolok. 

Laman Telegraph mengklaim bahwa mantan kepala Microsoft telah menugaskan Feadship, perusahaan pembuat kapal pesiar, untuk membangun sebuah kapal yang terinspirasi oleh "superyacht" Aqua buatan Sinot. Kapal tersebut berbahan bakar sel hidrogen pertama di dunia. 

Kapal tersebut dibangun membutuhkan dana kira-kira $ 644 juta. Dengan dimensi tinggi 100 meter, superyacht tersebut akan memiliki semua elemen kemewahan. Termasuk lima geladak, ruang untuk 14 tamu dan 31 anggota awak dan bahkan gym.

Milyader Bill Gates beli kapal pesiar bertenaga Hidrogen (koinworks.com)

Hebatnya kapal akan melaju dengan dua motor 1MW yang didorong oleh tangki hidrogen yang sangat dingin. Dengan tenaga setinggi itu, kapal dapat bergerak cepat dengan kecepatan tertinggi 17-knot (19.6MPH), dengna jangkauan 3.750 mil. Cukup lah untuk perjalanan lintas samudera.

Sinot bahkan akan menggunakan mangkuk api berbasis gel untuk menjaga agar penumpang tetap hangat di luar daripada membakar batu bara atau kayu. 

Meski begitu, kapal semacam itu tidak sepenuhnya ramah lingkungan. Karena stasiun pengisian hidrogen di dermaga masih sangat langka, Aqua akan memiliki cadangan mesin diesel untuk membantunya mencapai pelabuhan.

The Gates Foundation dan Gates Ventures menolak berkomentar kepada The Telegraph terkait berita ini. Bahkan Sinot telah mengatakan bahwa laporan penjualan Aqua ke Gates "salah," dan bahwa tidak ada hubungan bisnis antara perusahaan dan Gates. 

Milyader Bill Gates beli kapal pesiar bertenaga Hidrogen (engadget.com)

Aqua sendiri diperkirakan tidak akan mencapai laut sampai 2024, menurut laporan itu. Meskit tidak pernah terjadi, kesepakatan semacam ini sangat mudah untuk memunculkan kritik.

Dengan uang sebesar itu, kenapa malah digunakan membeli kapal pesiar yang hanya dapat dinikmati kaum jetset pamer kemewahan saja. Bukankah akan lebih cepat terasa dampaknya jika digunakan untuk mendanai proyek-proyek kendaraan listrik dan hidrogen? 

Namun, seperti investasi Gates dalam startup listrik sinar matahari, hal ini dapat berupa dukungan simbolis untuk teknologi nol-emisi. Menjadi bukti bahwa kapal pesiar mewah bertenaga besar tidak harus membuat kerusakan besar di lingkungan hidup.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"