Trending Twitter, Nadine Amizah Dinilai Romantisasi Gangguan Mental, Apa Sih Artinya?

Trending Twitter, Nadine Amizah Dinilai Romantisasi Gangguan Mental, Apa Sih Artinya?

Nadine Amizah sempat trending di Twitter lantaran di bilang romantisasi kesehatan mental. Tema kesehatan mental emang lagi hits tahun-tahun belakangan. Lebih banyak orang yang terbuka soal apa yang dialami.

Nadine mengunggah cuitan kolase foto dirinya dengan tulisan "your girlfriend. your mentally unstable girlfriend". Ternyata banyak juga yang merasa kalau Nadine justru meromantisasi penyakit mental.

Postingan Nadine Amizah (Twitter @rahasiabulan)

Kata romantisasi kesehatan mental ini menjadi trend ketika banyak anak muda yang menceritakan keadaan mereka di depan umum. Misalnya dengan terbuka menyatakan dirinya depresi atau punya teman khayalan. Banyak juga yang curhat soal keadaan mereka.

Tapi ada juga yang menjelaskan kalau itu gak masalah sebagai bentuk dari coping mechanism. Seperti ditulis sama akun @unevolable berdasar apa yang dijelaskan psikolognya. Gak masalah terbuka di depan publik bilang kalau kamu gak stabil secara mental jika memang itu adalah coping mechanism. Yang penting, gak membahayakan diri sendiri.

Akun @andrywaseso menjelaskan orang yang mengalami gangguan kesehatan mental, mengeekspresikan dengan cara beda.

"Romantisasi mental illness memang ada. Tp ya ga tiap2 orang mengekspresikan mental illness nya dibilang romantisasi," tulisnya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"