Transgender Ini Tanggapi Jenazah Dorce yang Dimakamkan Sebagai Laki-laki

Transgender Ini Tanggapi Jenazah Dorce yang Dimakamkan Sebagai Laki-laki

Dorce Gamalama  sudah dimakamkan di TPU Bantar Jati, Jakarta Timur, beberapa jam setelah meninggal dunia pada Rabu (16/2). Artis transgender itu meninggal dunia akibat terpapar COVID-19, sebelumnya ia memiliki penyakit bawaan diabetes.

Jenazah Dorce dimakamkan sebagai laki-laki. Hal itu tentu berbeda dengan wasiat Dorce semasa hidupnya yang ingin dimakamkan sebagai wanita usai melakukan operasi kelamin di tahun 80-an.

Pemakaman Dorce sebagai laki-laki juga menarik perhatian Oscar Lawalata. Oscar merupakan seorang transgender yang kini memiliki nama Asha Darra. Perancang busana itu memberikan tanggapan terkait Dorce yang dimakamkan sebagai laki-laki.

Transgender Ini Tanggapi Jenazah Dorce yang Dimakamkan Sebagai Laki-laki (Instagram @oscarlawalata)

Lewat akun Instagram @oscarlawalata, kakak Mario Lawalata ini menuliskan sebuah kalimat yang menyentuh hati. “Rest in peace Bunda Dorce. Biar saja mereka bisa berbuat apapun yang mereka mau. Tapi jiwa bunda Dorce tidur tenang sebagai wanita terhormat,” tulis Oscar.

Unggahan Oscar itu membuat komentar beberaa warganet, salah satunya Dena Rachman yang juga seorang transgender sama seperti Oscar dan Dorce. “Amen,” tulis Dena singkat.

Dalam kalimat yang ditulis Oscar memang menyiratkan sebuah makna, bahwa Oscar seperti menyayangkan sikap keluarga yang tidak memakamkan Dorce sebagai wanita, sesuai dengan wasiat dan kelamin terakhir Dorce sampai meninggal.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"