Selalu Dekat dengan Sang Artis, Ini Dia Seluk Beluk Manajer Artis dan Ternyata Segini Gaji yang Diperoleh

Selalu Dekat dengan Sang Artis, Ini Dia Seluk Beluk Manajer Artis dan Ternyata Segini Gaji yang Diperoleh

Kalau kamu mendengar istilah profesi manajer artis, pasti yang terbayang adalah mereka yang selalu berada di samping sang artis. Selain itu, seringkali manager artis yang biasanya "pasang badan" saat bos mereka perlu mengklarifikasi sesuatu.

Nggak jarang pula, gaji manajer artis cukup besar sehingga banyak orang berlomba-lomba mengajukan diri. Menajadi manajer artis terlihat sangat asyik. Namun bagaimana sebenarnya suka dan duka profesi manager artis, ya?

Yuk, kenalan sama profesi yang cukup jarang diketahui secara detail oleh masyarakat awam tersebut!

Tugas Manajer Artis

Sebelum mengetahui berapa gaji manager artis, maka hal pertama yang harus kita ketahui adalah bagaimana tugas mereka. Sebab, sejauh ini belum ada sekolah khusus untuk menjadi profesi tersebut.

Untuk bekerja menjadi seorang manager artis, ternyata seseorang bisa belajar dari orang yang lebih dulu berprofesi seperti itu, dari buku, atau bahkan internet.

Secara singkat, tugas mereka sebenarnya memastikan sang artis dapat bertahan dan sukses di panggung hiburan selama mungkin. Jadi, kerjaan manajer nggak sekadar "pasang badan" atau bantu-bantu si artis aja, ya.

Tugas mereka juga tak hanya menyusun jadwal atau sekadar "membantu". Lebih jauh dari itu, sebagaimana sudah disebutkan, tugas mereka terbilang cukup rumit. Sebab, dia harus pintar bernegosiasi dan membantu branding si artis agar bertahan dan sukses di dunia hiburan.

Menanggapi hal tersebut, Aisyahrani manajer sekaligus adik kandung Syahrini mengatakan kalau manager artis pun harus punya kemampuan budgeting. Jadi, si manajer harus mampu mengelola uang.

Secara umum, pekerjaan seperti itu bisa berbeda-beda. Namun, beberapa poin yang sudah disebutkan adalah beberapa tugas paling vital yang harus dilakukan oleh manajer.

Seluk Beluk Manajer Artis (Lifepal)

Perhitungan Gaji Manajer Artis

Gaji manajer artis ini bisa dikatakan cukup menggiurkan. Pasalnya, pendapatan mereka ini dihitung per proyek. Beberapa manajer menerapkan sistem bagi hasil dengan artisnya.

Bahkan, gaji mereka bisa mencapai angka 15 persen sampai 25 persen pendapatan sang artis. Coba bayangkan, kalau si artis mendapat bayaran Rp200 juta, mereka bisa mendapat Rp40 juta dong!

Di sinilah kemampuan negosiasi sang manajer jadi salah satu faktor paling menentukan.

Nah, buat bagi hasil biasanya manajer tersebut bakal mengambil 15 persen sampai 25 persen dari bayaran artis. Tentu dengan catatan, hasil tersebut nanti bakal dibagi lagi pada anggota lain di tim tersebut.

Taruhlah gaji artis tersebut Rp200 juta dari satu proyek. Nah, si manajer berarti bisa dapat sekitar Rp30 juta sampai Rp50 juta!

Sering kali manajer artis tersebut nggak cuma menangani satu artis aja, lho, melainkan beberapa bahkan cukup banyak dalam satu manajemen. Hitung aja tuh berapa penghasilan dia sebulan. Fantastis, kan?



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"