PewDiePie Putuskan untuk Istirahat dari YouTube Awal Tahun Depan

PewDiePie Putuskan untuk Istirahat dari YouTube Awal Tahun Depan

Salah satu bintang paling terkenal di YouTube, berencana untuk absen dalam waktu dekat ini. PewDiePie (alias Felix Kjellberg) dalam sebuah videonya mengumumkan bahwa dia akan "mengambil istirahat" dari situs pada awal 2020. 

Video itu sendiri berisi kritikan Felix terhadap kebijakan pelecehan baru dari YouTube. Sementara itu penjelasan yang lebih rinci terkait keputusan ini akan datang kemudian. Dia mengisyaratkan bahwa absennya mungkin disebabkan oleh perasaan burnout (kelelahan karena tekanan terus menerus). 

PewDiePie istirahat dari YouTube (engadget.com)

"Aku merasa sangat lelah," ungkap Felix, sebagai YouTuber tentunya. Dia menyinggung hal ini pada bulan Agustus, menyarankan bahwa dia ingin memikirkan sesuatu selain YouTube "untuk pertama kalinya dalam 10 tahun."

Ada sedikit pemikiran bahwa kini PewDiePie sedang menghadapi banyak pengawasan karena tindakannya dalam beberapa tahun terakhir. 

Dia memiliki lebih dari satu tindakan rasis, dan meme "subscribe to PewDiePie" tumbuh begitu tak terkendali sehingga dia mendesak orang untuk berhenti setelah penembak massal menggunakan kiasan tersebut. 

Tambahkan jumlah pelanggannya yang berada di puncak grafik dan ada banyak tekanan padanya, apakah itu dari kritik atau hanya orang yang mengharapkannya untuk terus membuat video.

PewDiePie istirahat dari YouTube (bestlifeonline.com)

Pernyataan ini juga menarik perhatian pada masalah umum untuk kepribadian video online: burnout. Kondisi yang mungkin tidak dirasakan terjadi pada banyak orang. Terutama untuk pembuat konten. 

Mereka sering kali merasa terdorong untuk mengeluarkan gelombang konten tanpa henti agar mereka tidak kehilangan pemirsa, dan itu dapat membuat mereka tidak mengambil waktu istirahat.

PewDiePie jelas memiliki cukup banyak pemirsa sehingga ia mampu membayar waktu untuk istirahat, tetapi banyak YouTuber skala kecil mungkin tidak memiliki kemewahan itu.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"