Pemeran Profesor McGonagall di Film Harry Potter Tutup Usia Pada Umur 89 Tahun

Pemeran Profesor McGonagall di Film Harry Potter Tutup Usia Pada Umur 89 Tahun

Dame Maggie Smith, aktris Inggris yang paling dikenal karena perannya dalam "Harry Potter" dan "Downton Abbey," dikabarkan telah tutup usia pada 89 tahun. Hal ini dikonfirmasi oleh dua putranya Chris Larkin dan Toby Stephens dalam laporan USA Today, Jumat (27/9). Kedua putra tersebut mengatakan bahwa sang ibu meninggal dengan damai pada Jumat pagi waktu setempat di rumah sakit London.

"Dia meninggalkan dua putra dan lima cucu yang penuh kasih yang hancur oleh kehilangan ibu dan nenek mereka yang luar biasa," kata saudara -saudaranya dalam sebuah pernyataan.

Saudara-saudara dari Maggie juga berterima kasih kepada para staf rumah sakit atas perawatan yang diberikan kepada sang aktris di hari-hari terakhirnya. Mereka meminta privasi keluarga dapat dihormati. Sebagai aktris, Maggie Smith berhasil mematahkan stereotip Hollywood dan tetap aktif berperan sebagai bintang dalam franchise film terkenal "Harry Potter" dan "Downtown Abbey".

Margaret Natalie Smith lahir pada 28 Desember 1934, di Essex, timur laut London. Dia pindah ke Oxford sebagai seorang anak ketika ayahnya, seorang ahli patologi, mengambil peran di universitas Oxford dan dia mulai berakting di teater lokal pada usia 17 tahun. Puncak kariernya di teater terjadi pada 1956 dan ia menjadi wajah baru Broadway.

Maggie Smith sebagai Profesor McGanagall (via Tribunews)

Penampilannya pada 1958 di film kriminal Inggris bertajuk "Nowhere to Go" membuatnya mendapatkan nominasi BAFTA. Pada 1965, ia menerima nominasi Oscar pertamanya untuk adaptasi film "Othello" untuk perannya sebagai Desdemona. Smith dinobatkan sebagai Dame oleh Ratu Elizabeth II pada tahun 1990.

Smith menikah dua kali, pertama dengan aktor Inggris Robert Stephens dan kemudian ke penulis naskah Beverley Cross sampai kematiannya pada 1999. Kedua putranya, dari suaminya yang pertama, juga merupakan aktor.

Di luar Inggris, Smith dicintai oleh penggemar Hollywood atas penampilan-penampilannya yang mencuri perhatian bahkan mengumpulkan puluhan nominasi penghargaan. Kariernya yang menghasilkan banyak nominasi itu menghadirkan kemenangan dimulai dari kemenangan di Academy Award pada 1969 berkat "The Prime of Miss Jean Brodie".

Selanjutnya di 1978 ia juga menyabet kemenangan atas penampilannya di "California Suite". Dia kemudian dinominasikan untuk Ajang Oscar pada empat kesempatan lainnya lewat film "Othello," "Travel With My Bibi," "A Room With A View", dan "Gosford Park". Dia mengumpulkan tiga Golden Globes dengan 12 total nominasi dan memenangkan empat Emmy Awards dengan sembilan nominasi.

Babak baru hidupnya dimulai ketika Maggie Smith mengambil peran sebagai Profesor Minerva McGonagall dalam waralaba film "Harry Potter". Dia juga dikenal karena penampilannya di miniseri PBS "Downton Abbey," yang ditayangkan selama enam musim dari 2010 hingga 2015.

Karakternya menyerah pada penyakit di menit-menit terakhir "Downton Abbey: A New Era," sebuah film kedua kedua berdasarkan miniseri tersebut.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"