Ooh, Ini Toh Asal-Usul Nama Abu Janda yang Dipakai Permadi Arya

Ooh, Ini Toh Asal-Usul Nama Abu Janda yang Dipakai Permadi Arya

Nama Abu Janda belakangan ini ramai diperbincangkan publik. Pasalnya dia dipolisikan usai menghadapi dua persoalan. Yang pertama adalah dugaan penghinaan pada Islam, dan ejekan pada seseorang. 

Namun, di balik itu semua, tentu publik masih penasaran, kenapa pegiat media sosial Permadi Arya bisa disebut-sebut dengan nama Abu Janda.

Terkait hal ini Permadi lantas menguraikannya. Hal itu dia sampaikan dalam wawancara di saluran Youtube dengan judul Abu Janda Bicara Islam Arogan, Evolusi hingga Buzzer Jokowi, yang tayang pada hari Senin, (1/2/2021) kemarin.

Menurut Permadi Arya, asal usul nama Abu Janda muncul pada 2015 lalu. Saat itu nama Permadi viral usai video parodinya muncul soal kelompok teror ISIS.

Kala itu ada Panglima ISIS dari Indonesia bernama Salim Mubarok Attamimi alias Abu Jandal al-Yemeni al-Indonesi membuat video ancaman. Publik di Tanah Air heboh karena ada orang Indonesia yang gabung ISIS dan menjadi panglima di sana.

"Nah dalam tradisi ISIS, kalau gabung ke mereka kan namanya menjadi Abu. Seperti Abu Jandal ini. Ketika itu dia bikin video viral yang ancam bawa pasukan ISIS ke Indonesia, mau bunuh Polri, TNI, bahkan Moeldoko yang saat itu jadi Panglima TNI," katanya, dikutip dari tayangan video di YouTubenya tersebut.

Permadi Arya alias Abu Janda (Daily News Indonesia)

Ketika banyak orang ketakutan, Permadi lantas berinisiatif untuk membuat parodinya. Dia lantas menggunakan baju yang sama, termasuk kelengkapan yang sama, namun dengan kata-kata yang diplesetkan. Artinya jika Abu Jandal mengancam TNI, Permadi menggantinya dengan KPI, dan sebagainya.

Eh nggak disangka, kata dia, video parodinya itu justru jauh lebih viral dari Abu Jandal itu sendiri. Sejak saat itulah, dia merasa ada hal yang bisa dia jual kepada publik tentang dirinya. Termasuk caranya untuk menangkal radikalisme di Indonesia yang terbilang unik.

Menurut Permadi Arya, melihat antusiasme publik akan video yang dia buat, dia seakan menemukan resep jitu menangkal radikalisme dengan humor dan komedi.

Sebab dengan humor dan komedi, radikalisme dipercaya dapat mendeligitimasi hal yang menyeramkan di balik itu.

"Istilah orang Jawa itu ngece. Saat itu, BBC bahkan sempat menulis tentang aku dengan judul melawan radikalisme dengan humor. Nah itulah asal usul Abu Janda, sampai sekarang. Aku ambil nama Abu Jandal, namun L nya aku hilangin."



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"