Kenapa Sih Netizen Ikut Baper Saat Gading-Gisel Cerai?

Kenapa Sih Netizen Ikut Baper Saat Gading-Gisel Cerai?

Kabar gugatan cerai Gisella Anastasia kepada suaminya, Gading Marten, mengejutkan banyak pihak. Pasalnya, nyaris gak pernah ada kabar miring apa pun tuh dari papa-mamanya Gempita.

Gugatan cerai itu dilayangkan pada Senin, 19 November 2018 lalu. Kalo dinalar, perkara ini memang urusan rumah tangga mereka sih. Tapi kok ... publik pun netizen jadi ikutan baper ya? Ya galau lah, ya berharap juga agar mereka gak berpisah. Duh!

Duh, baper yak~ (theurbanlist.com)

Kondisi ini sebenernya mirip dengan keretakan hubungan antara Angelina Jolie dan Brad Pitt 2016 lalu. Atau kabar perceraian figur politik Basuki Tjahaja Purnama, atau Ahok, dengan Veronica Tan.

Dikutip dari Kompas.com, situasi ini bisa dipahami dari kacamata psikologi gengs. Kondisi ini merupakan bukti nyata dari interaksi parasosial.

Angelina Jolie dan Brad Pitt (indiatoday.in)

Apaan lagi itu interaksi parasosial? 

Kalem, itu bukan nama portal situs yang kalian baca ini kok. Kalo itu mah Paragram, hehehe. Anna Surti Ariani, seorang psikolog keluarga menjelaskan kalo hubungan parasosial itu gak jauh-jauh dari pengaruh media. Ya, media apa pun yang menyalurkan informasi kepada kita.

Menurutnya, ketika tokoh publik muncul lewat berbagai media, orang-orang akan merasa dilibatkan dalam kehidupan pribadinya. Dan itulah yang membuat mereka merasa benar-benar dekat atau kenal banget sama tokoh tersebut.

Yak, itulah interaksi parasosial (express.co.uk)

Sebaliknya, tokoh atau figur publik itu kan gak kenal sama netizen atau publik yang jadi penggemar mereka. Padahal aktivitas mereka tuh seringkali diawasi publik lho.

Nina, panggilan akrab psikolog keluarga tadi, menjelaskan inilah yang disebut parasocial interaction. Jadi hubungan ini terjalin dalam relasi satu arah aja.

Demikian, publik atau netizen, tentu tak menyadari sepenuhnya kalo mereka terlibat dalam interaksi parasosial juga. Sebab, kondisi itu membuat mereka jadi punya simpati lebih kepada figur yang mereka gemari atau amati.

Tuh kan ... baper, gengs! (civilized.life)

Terus, kok bisa interaksi parasosial tercipta?

Interaksi parasosial tercipta ketika mereka para figur yang digandrungi publik sering membagikan kesehariannya di media sosial. Apa pun ... termasuk pengalaman mereka yang cukup intim. Entah kejutan ulang tahun, mandi bareng (*eh), ya apa kek gitu.

Sejalan dengan itu, seorang psikolog klinis Laurentius Sandi Witarso menjelaskan juga beberapa hal yang membuat interaksi parasosial terjadi.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"