Ini Daftar Artis yang Pertama Kali Terpilih Jadi Anggota DPR

Ini Daftar Artis yang Pertama Kali Terpilih Jadi Anggota DPR

Mejelang pemilu 2024 banyak para artis menjadi caleg karena ingin menjadi anggota DPR atau Dewan Perwakilan Rakyat. Jauh sebelumnya pada pemilu 2004 atau 20 tahun lalu, sejumlah artis lebih dulu yang terpilih menjadi wakil rakyat di Senayan.

Pada pemilu 2004 sistem pemilihan diubah menjadi proporsional terbuka atau dipilih langsung oleh rakyat, mulai dari pemilihan anggota DPR, anggota DPRD, bahkan presiden dan wakil presiden. Maka banyak partai politik yang mencari cara untuk mendongkrak suara pada pemilu 2004, salah satunya dengan merekrut para artis.

Meskipun tidak punya pengalaman dalam politik, artis sudah memiliki modal besar yang tidak dimiliki caleg-caleg lainnya yakni ketenaran. Total pada pemilu 2004 ada 38 artis jadi caleg namun hanya segelintir yang akhirnya terpilih menjadi anggota DPR yang berasal dari beberapa partai.  Nah, siapa saja sih artis yang jadi anggota DPR pertama kali?

Artis Jadi Anggota DPR (Kemenpora)

Dede Yusuf

Deretan artis pertama yang menjadi anggota DPR adalah Dede Yusuf. Dede berasal dari Partai Amanah Nasional alias PAN. Namun beberapa tahun kemudian ia pindah partai ke Partai Demokrat dan menjadi Wakil Gubernur Jawa Barat sejak 2008-2013. Kini Dede menjadi anggota DPR.

Marissa Haque

Marissa Haque satu angkatan dengan Dede Yusuf. Bintang film tahun 1980-an itu masuk politik dengan kendaraan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP.Sayangnya istri Ikang Fawzi ini tidak lama berkecimpung sebagai wakil rakyat.

Angelina Sondakh

Mantan Puteri Indonesia Angelina Sondakh ternyata tertarik dengan dunia politik. Ia pun menjadi caleg dari Partai Demokrat pada tahun 2004. Sosoknya yang cerdas dan terkenal membuat Angie terpilih jadi anggota DPR. Siapa sangka saat menjadi anggota DPR dia malah bertemu dengan jodohnya, Adjie Massaid yang sama-sama jadi anggota DPR.

Saat menjadi anggota DPR pada periode ke-2 atau 2009-2014, Angie tersangkut masalah hukum. Ia ditetapkan bersalah karena terbukti menerima uang dalam kasus korupsi pembangunan Wisma Atlet dan divonis penjara. Kini Angie sudah bebas.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"