Ganti Kelamin dan Ingin Dimakamkan Sebagai Perempuan, Ustaz Khalid Basalamah Tanggapi Keinginan Dorce

Ganti Kelamin dan Ingin Dimakamkan Sebagai Perempuan, Ustaz Khalid Basalamah Tanggapi Keinginan Dorce

Belum lama ini, artis sekaligus presenter ternama Dorce Gamalama atau yang kerap disapa Bunda Dorce jadi perbincangan publik. Akibat sakit dan dikunjungi beberapa rekan sesama selebritis, wasiat artis kelahiran Solok, Sumatera Barat, 21 Juli 1963 itu tersekspos.

Bungsu dari 6 bersaudara ini berwasiat jika nantinya jika ia meninggal dunia, ia minta agar dimandikan dan dimakamkan sebagai perempuan. Dorce bahkan menyebut telah mempersiapkan dengan matang kematiannya. Mulai dari kain kafan, hingga kuburan.

Menurut firasatnya, Dorce yang kini menderita penyakit diabetes akut itu merasa umurnya tidak akan lama lagi. Oleh karenanya segala kemungkinan terburuk telah ia siapkan. 

Dorce Gamalama Beri Wasiat Ingin Dimakamkan Sebagai Perempuan (Viva)

Menanggapi hal tersebut, Da'i kondang Ustaz Khalid Basalamah menjabarkan bahwa seorang transgender ketika meninggal maka jenazahnya harus diurus sebagaimana jenis kelamin asalnya. Mulai dari dimandikan, dikafani, hingga dikuburkan.

Walaupun transgender tersebut telah mengganti kelaminnya lewat jalan operasi. Tetap harus diurus sebagaimana kodratnya saat dilahirkan.

"Kembali kepada jenis kelamin asalnya. Kalau dia laki-laki, maka yang memandikan laki-laki, walaupun sudah operasi. Kalau dia perempuan, lalu mengubah, berarti perempuan yang memandikannya," jelas Ustaz Khalid Basalamah dikutip dari YouTube Kebumen Mengaji, Jumat (28/1/2022).



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"