Film-film Ini Pernah Dilarang Tayang di Indonesia, Apa Penyebabnya?

Film-film Ini Pernah Dilarang Tayang di Indonesia, Apa Penyebabnya?

Film bisa dijadikan tontonan hiburan penonton di bioskop. Namun tidak semua film bisa masuk ke Indonesia. Ada beberapa film yang dilarang di Indonesia  karena memiliki jalan cerita yang menuai kontroversi.

Pemerintah Indonesia memiliki Lembaga Sensor Film atau LSF yang bertugas menyaring film-film yang masuk ke Indonesia. Jika tidak sesuai dan tidak direkomendasikan LSF, maka film tersebut tidak bisa tayang dan dipasarkan di Indonesia.

Berikut ini ada 4 film yang pernah dilarang tayang di bioskop Indonesia. Nampaknya wajar LSF melarang film ini tayang karena memiliki jalan cerita yang sulit diterima masyarakat Indonesia.

1. Suspiria

Film Suspiria tidak jadi tayang di Indonesia pada 2018 lalu. Film ini memiliki banyak adegan tentang kekerasan seksual yang cukup sadis. Memang film dewasa ini nampaknya sangat berbahaya jika bisa lolos tayang di Indonesia.

Meski dilarang di Indonesa dan beberapa negara lain, namun Suspiria  yang menceritakan kisah seorang penari ini mendapatkan penghargaan dalam Venice Film Festival dalam kategori Best Special Effects.

Film Suspiria (Dunia Sinema)

2. Noah

Noah bukan grup musik terkenal di Indonesia melainkan film yang ternyata tidak hanya dilarang tayang di Indonesia, namun beberapa negara di kawasan Timur Tengah seperti Qatar, Bahrain, dan Uni Emirat Arab. Film yang dibintangi Russel Crowe ini dianggap menentang ajaran Islam.

Pemuka agama di negara Islam termasuk Indonesia tidak sepakat dengan karakter Nabi Nuh dalam film itu. Bisa jadi Nabi Nuh yang diceritakan bertentangan dengan jalan hidup sang Nabi yang asli.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"