Lady Gaga Menjadi Nama Spesies Belalang Baru Karena Sama-sama Berpenampilan Nyentrik

Lady Gaga Menjadi Nama Spesies Belalang Baru Karena Sama-sama Berpenampilan Nyentrik

Meski ahli taksonomi telah bekerja sejak beberapa abad yang lalu, keanekaragaman hayati ternyata masih sangat luas. Spesies demi spesies baru ditemukan. Seperti penemuan serangga berjenis belalang di bawah ini.

Sejumlah mahasiswa pascasarjana Universitas Illinois yang sedang di pesisir Samudra Pasifik Nikaragua menemukan spesies belalang baru yang belum tercatat sebelumnya. Belalang ini akhirnya diberi nama mirip dengan penyanyi pop eksentrik Lady Gaga.

Nama Lady Gaga diambil untuk penemuan spesies belalang baru (lick2houston.com)

Mengapa diberi nama seperti itu? Apakah sang belalang merupakan penyanyi pop di dunia serangga? Atau kerap memakai dandanan yang nyentrik? Usut punya usut penamaan ini berasal dari penemu serangga yakni Brenda Moris.

Moris yang merupakan doktor di bidang entomologi (cabang biologi khusus serangga) memberi nama Kaikai Gaga untuk spesies jenis jantan. Sedangkan jenis betina ia beri nama Kaikaia Gaga. Penampilan spesies betina sangat berbeda dengan spesies jantan.

Penamaan ini sebenarnya tidak ada hubungannya sama sekali dengan Lady Gaga. Hanya saja saat Moris mengamati ribuan spesies belalang koleksi Museum Sejarah Alam Carnegie di Pittsburgh ia sangat terkesima dengan bentuk-bentuk belalang.

"Bila bakal ada serangga Lady Gaga, itu adalah seekor belalang, karena mereka punya tanduk dan penampilan yang gila," ujar Morris. "Mereka bukan sesuatu yang pernah kalian lihat sebelumnya," tambahnya.

Nama Lady Gaga diambil untuk penemuan spesies belalang baru (ibtimes.com)

Tak hanya Lady Gaga, beberapa pesohor musisi lain juga pernah diambil namanya untuk memberi titel spesies baru. Beberapa waktu sebelumnya, band trash metal asal Amerika Serikat, Metallica menjadi nama spesies hewan laut yang baru ditemukan. Yaitu Macrostylis Metallicola, sejenis krustasea.

Nama band legendaris asal Inggris, Pink Floyd juga diambil untuk memberi nama spesies yang saat itu baru ditemukan. Synalpheus Pinkfloydi adalah sejenis udang yang memiliki keunikan khusus yakni capit merah muda besar yang dapat membunuh mangsa justru dengan suara.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"