Yuklah Bongkar Beberapa Hal yang Selama Ini Dianggap Fakta, Padahal Mitos... [Bagian 2]

Yuklah Bongkar Beberapa Hal yang Selama Ini Dianggap Fakta, Padahal Mitos... [Bagian 2]

Kalo sebelumnya kita udah ngomongin beberapa pengetahuan umum yang dikira fakta dan ternyata mitos, kita bikin lanjutannya nih.

Tadi kita ada sedikit trouble gitu sih. Jadi Udah deh, kita lanjutin aja. Nih, beberapa hal yang selama ini dikira fakta, eh ternyata malah mitos babak dua. Karena lanjutan, kita lanjutin mulai dari nomer 10, simak ya....

#10 Kalo lagi kenyang, jangan berenang?

#10 Kalo lagi kenyang, jangan berenang? Berenang pas kenyang nggak bikin keram kok. (swimming.org)

Mitos ini menyebut bahwa proses pencernaan kita akan meningkatkan aliran darah ke daerah perut. Makanya, kalo lagi kenyang terus berenang, kita bisa keram dan tenggelam.

Sebenernya woles aja keles. Soalnya, otot perut kita bukanlah otot yang kita gunakan buat berenang. Berenang dalam perut kenyang bukan masalah karena nggak meningkatkan risiko keram sama sekali.

Yang bahaya itu kalo berenang abis minum minuman beralkohol. Kita bisa lemas dan mabok, ngerinya lagi, kita bisa sulit mengkoordinasikan otot kita. Idih~

#11 Manusia cuman punya 5 indera?

#11 Manusia cuman punya 5 indera? Yang kita tau kan cuma 5 ini, padahal masih banyak lho. (youtube.com)

Dari pertama kali sekolah, kita udah diajarin kalo manusia cuman punya 5 indera doang. Sebutannya sih pancaindera, tau kan apa aja? Padahal, karunia Tuhan kepada manusia lebih dari itu lho.

Kita diberkahi keseimbangan tubuh juga. Kita bisa ngerasain banyak hal karena keseimbangan ini. Kita bisa jalan, lompat-lompat, main sepeda, ngerasain gatal di salah satu anggota tubuh, ngerasa dingin atau panas, sakit, hingga tekanan.

Ada juga indera yang bikin kita ngerasa lapar dan haus. Ada juga indera dalam otot. Ya, biar kita ngerti otot apa aja yang harus dipakai saat kita melakukan sesuatu. Termasuk berjalan dalam kegelapan.

#12 Tembok Besar Cina keliatan dari luar angkasa?

#12 Tembok Besar Cina keliatan dari luar angkasa? Katanya tembok besar bisa keliatan dari luar angkasa? (insureandgo.com)

Pernah ada klaim bahwa situs bersejarah dan keajaiban dunia Tembok Besar Cina ini bisa dilihat dari luar angkasa. Tapi ternyata mitos ini dimentahin gitu sama seorang astronot asal Tiongkok, Yang Liwei.

Ketika Liwei berada di luar angkasa, dia tuh sempet nyari-nyari situs bersejarah kebanggaan negerinya itu. Dan ternyata nggak keliatan tuh dari luar angkasa,



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"