Yuklah Bongkar Beberapa Hal yang Selama Ini Dianggap Fakta, Padahal Mitos... [Bagian 1]

Yuklah Bongkar Beberapa Hal yang Selama Ini Dianggap Fakta, Padahal Mitos... [Bagian 1]

Sebagai muda-mudi terdidik Tanah Air, sebenernya kita nggak pernah terlepas dengan pengetahuan umum. Tentang banyak hal tentunya. Mulai dari yang penting sampe yang nggak penting. Mulai dari yang fakta ataupun mitos.

Tapi dari berbagai pengetahuan umum yang banyak bangets itu, kalian percaya begitu aja nggak sih?

Kalo kalian mempertanyakannya, atau cenderung pengen SKIP aja gitu, baguslah. Nalah kritis kalian bekerja dengan baik. Tapi kalo langsung percaya gitu aja, coba tahan dulu. Soalnya, kita punya beberapa hal yang selama ini dikira fakta, eh ternyata malah mitos. Apa aja tuh? Yuk lah disimak....

#1 Pohon pisang?

#1 Pohon pisang? Tuh, batang pisang. (piah.com)

Selama ini, buah pisang emang dipercaya tumbuh dari pohonnya, ya apalagi kalo bukan pohon pisang. Tapi ternyata, tumbuhan yang menghasilkan buah pisang itu bukanlah pohon. Terus apa dong?

Pohon yang kita kita pohon itu ternyata masuk dalam golongan herbaceous, alis tumbuhan berbatang basah dan bukan pohon. Batang yang terlihat seperti pohon ini gak punya lapisan kayu.

Mungkin lebih baik kita sekarang nyebutnya sebagai batang pisang aja deh. Itu bukan pohon pisang bro, sist.

#2 Jangan pake baju merah kalo lagi deket banteng? [

#2 Jangan pake baju merah kalo lagi deket banteng?  [ Gambar benerannya ngeri-ngeri, kasian bantengnya. (youtube.com)

Kesalahpahaman ini muncul karena matador Spanyol. Mereka kan biasanya tarung sama banteng pake kain warna merah tuh. Keadaan itu mengubahnya segera menjadi mitos, sampe banyak yang nganggep kalo lagi ada di area larinya banteng, kita pasti dikejar kalo pake baju warna merah. Atau ada unsur merahnya lah.

Padahal sebenernya banteng itu mahal buta warna lho. Kemampuan penglihatannya juga buruk. Tapi kenapa matador bisa mancing banteng nyeruduk-nyeruduk ya? 

Katanya, keberingasan banteng disebabkan oleh kibasan kain dan gesturnya si matador yang bikin dia marah. Intinya, banteng marah dan pengen ngelawan si matador yang sok jago itu. Hehehe.

#3 Konsumsi MSG bikin migrain?

#3 Konsumsi MSG bikin migrain? MSG nggak bikin migrain kok, itu kalo kebanyakan aja. (azumio.com)

Mitos ini muncul karena sejumlah orang yang sensi banget MSG alias Monosodium glutamat. Meski begitu, nyaris belum ada penelitian terkait yang membenarkan hal ini.

Sebuah penelitian malah ngomong kalo kita mengkonsumsi MSG dalam batas wajar, sekitar 0,015-0,07 gram per kilogram berat badan, nggak pernah ngaruh tuh ke kepala. Belum tentu seseorang akan pusing, vertigo, apalagi migrain. Jadi ini mitos atau fakta? Lebih mirip mitos sih ya~.

#4 Cukuran bikin jenggot atau kumis lebih lebat?

#4 Cukuran bikin jenggot atau kumis lebih lebat? Cukur nggak cukur mah sama aja keles~ (huffingtonpost.com)

Sejauh ini banyak yang nganggep kalo rambut di area wajah tuh bisa lebih lebat kalo kita cukur habis. Padahal, rambut yang muncul di seluruh anggota badan kita udah tumbuh sejak kita masih berusia 5 tahun. Rambut itu nggak cuma jenggot atau kumis lho, tapi semua.

Udah gitu muncul deh mitos agar jangan dicukur, soalnya nanti tambah lebat. Padahal mah, rambut-rambut itu cuman keliatan lebih lebat aja. Sebabnya, karena bentuk ujung rambut hasil potongan pisau cukur doang.

Hasil potongan itu kan kasar, jadi kesan yang muncul adalah kelihatan lebih lebat bro, sist. Bener ga?



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"