Yuk Simak Teks Pidato Bahasa Jawa dan Pengertiannya di Bawah Ini, Nggak Perlu Bingung Lagi Gengs

Yuk Simak Teks Pidato Bahasa Jawa dan Pengertiannya di Bawah Ini, Nggak Perlu Bingung Lagi Gengs

Untuk kalian yang tinggal di kawasan Jawa atau mahasiswa jurusan sastra Jawa, pidato bahasa Jawa pastinya menjadi salah satu tugas yang kalian temukan. Umumnya tugas demikian akan terdiri dari atas teks ceramah bahasa jawa dan penjelasan bagian-bagiannya.. 

Untuk orang yang lahir dan dibesarkan Jawa, mungkin tugas itu nggak terlalu merepotkan, ya.  Tetapi, sebaliknya, seandainya berasal dari luar, tentu akan menjadi kendala besar. Perbedaan bahasa yang dipakai sehari-hari dengan tugas, pastinya cukup memusingkan, ya. 

Lomba pidato bahasa Jawa (klatenkab.go.id)

Satu hal yang menjadi kunci seandainya kalian mau mengerjakan tugas teks pidato bahasa Jawa dengan benar. Yaitu, kalian mengetahui betul bahasa Jawa itu sendiri. Mulai dari aksaranya, tingkatan-tingkatan bahasanya sampai maknanya. 

Apabila itu nggak bisa kalian lakukan, pastinya cuma akan membikin pusing sendiri. Nah, biar kalian lebih mengertI dan paham, di bawah ini ialah contoh  teks pidato bahasa Jawa beserta penjelasan bagian-bagiannya. Semoga dapat menolong tugas kalian, gengs. 

Pembukaan 

Setiap pidato pasti menggunakan pembukaan. Umumnya bagian pembukaan dimulai dengan ucapan salam lalu disusul dengan pendahuluan yang isinya sekitar ungkapan syukur atas waktu dan peluang yang diberi. 

Nah, kurang lebih, kalau diuraikan dalam teks pidato bahasa Jawa, akan berbunyi seperti di bawah ini:

Lomba pidato bahasa Jawa (youtube.com)

“Assalamualaikum Wr. Wb. Ingkang kinurmatan bapak-bapak ugi ibu-ibu ingkang kawulo hormati lan rencang-rencang kulo ingkang kawulo tresnani, Monggo kito sedoyo ngaturaken puji syukur dumateng Alloh swt ingkang sampun maringi sedoyo {sedap|enak} sehingga kito sedoyo saget makempal ing adicoro… (Contohnya perpisahan dan lain sebagainya)" 

Isi 

Sesudah pembukaan dan pendahuluan acara selesai, pidato akan dilanjutkan dengan penjelasan yang layak dengan topik yang tengah diutarakan. Kalian jangan sampai terjebak dalam bahasan dan bahasa yang malah meluaskan topik, ya. Jadinya dapat memperlama waktu pidato dan pendengar pun gagal paham dengan penjelasan kalian. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"