Yuk Mulai Gaya Hidup Zero Waste Demi Lingkungan

Yuk Mulai Gaya Hidup Zero Waste Demi Lingkungan

Gengs, tau nggak sih kalau saat ini gaya hidup zero waste atau bebas sampah lagi ngehits lho. Banyak orang mulai sadar soal lingkungan. Kamu pun pasti sadar kalau sampah yang dihasilkan sehar-hari itu sangat banyak lho. Belum lagi, beberapa di antaranya sulit terurai secara alami. Bahkan, ada sampah yang baru bisa terurai selama puluhan hingga ratusan tahun, seperti puntung rokok, plastik, styrofoam, dan kaleng minuman. 

Nah, sebagai salah satu langkah untuk mengurangi sampah adalah menjalankan gaya hidup zero waste ini. Pada awalnya, mungkin bisa dimulai dari meminimalkan produksi sampah dari diri sendiri dengan cara berikut ini:

Zero waste (planetaid.org)

Menggunakan barang sekali pakai

Mulai saat ini biasakan deh untuk memakai barang-barang yang bisa digunakan berulang kali. Ini bisa diaplikasikan pada barang apa saja lho, misalnya tas belanja, tempat makan dan minum, peralatan makan dan minum, pembalut, masker, dan sebagainya. 

Selalu ada alternatif lho untuk barang-barang sekali pakai, misalnya pembalut dan masker dari kain yang bisa dicuci dan dipakai berulang kali, ganti plastik belanja dengan tas, serta sedotan plastik dengan sedotan kaca atau stainless.

Kurangi penggunaan plastik (morganhilliard.com)

Masak sendiri

Percaya deh dengan kamu masak sendiri di rumah, ini bisa mengurangi sampah. Jadi, kamu nggak perlu beli makanan yang disertai sampah kemasan pembungkus, plastik, sendok plastik, belum lagi kalau beli minuman botol ditambah sedotan plastik. 

Kalau kamu beraktivitas seharian, bisa juga bawa bekal cemilan, misalnya biskuit atau buah. Sama seperti sebelumnya, ini akan mengurangi sampah dari kemasan cemilan kayak keripik dan jajanan lain yang dibungkus plastik.

Kebiasaan menuju zero waste (freepik.com)

Bawa tas dan wadah sendiri

Waktu mau keluar rumah, biasakan bawa tas belanja sama wadah sendiri. Ini berguna buat ganti kemasan plastik, jadi kalau tiba-tiba kamu pengin jajan, tinggal ditaruh di wadah yang kamu bawa dan nggak perlu dijinjing pakai plastik lagi. 

Kalau lagi malas bawa bekal, kamu bisa bikin perencanaan kira-kira makanan apa yang akan kamu beli nantinya dan bawalah wadah yang sesuai. 

Menolak barang sekali pakai

Ketika makan di restoran atau pergi ke kedai kopi, mulailah menolak barang sekali pakai. Mintalah minuman kamu disajikan di gelas, bukan plastik dan nggak usah pakai sedotan. Nggak usah pakai sendok plastik juga ya sebisa mungkin.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"