Yuk Kepoin... Berapa Sih Gaji PNS yang Keterima Besok

Yuk Kepoin... Berapa Sih Gaji PNS yang Keterima Besok

Banyak yang berlomba-lomba untuk menjadi Pegawai Negri Sipil (PNS) nih gengs. Soalnya, konon, kehidupan kita bakal terjamin bila sudah keterima jadi PNS. Selain terjamin kita juga ikut andil dalam pengembangan negara kita, mulia dan luhur ya gengs.

Tahun ini bakal dibuka lagi nih pendaftaran CPNS se-Indonesia. Udah banyak banget nih yang nungguin ini. Banyak juga yang udah belajar mati-matian untuk menempuh ujian tersebut. Tentu dengan harapan besar untuk diterima.

Usut punya usut, kira-kira berapa sih nominal gaji yang bakal diberikan pemerintah Indonesia untuk CPNS yang keterima tahun ini? Jadi penasaran gak sih, coba kita simak deh.

PNS (tribunnews.com)

Tahukah kamu bahwa pemerintah Indonesia ternyata masih memberlakukan angka yang sama terhadap penerimaan CPNS tahun ini. Moh. Ridwan selaku Kepala Biro Humas BKN memperkirakan, nominal gaji yang diterima CPNS sampai menjadi PNS masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya.

Melansir dari Kompas.com, Ridwan menuturkan, "Masih sama kok dengan penerimaan yang terakhir. Misal, untuk Golongan IIIA yang fresh graduate S1 di angka Rp2,4 juta (gaji pokok)." 

Moh Ridwan (kabarnas.com)

Hal ini sudah di atur menurut PP Nomor 30 Tahun 2015, gaji PNS paling sedikit sekitar Rp1.486.500 untuk golongan IA. Sementara untuk tertinggi adalah golongan IV sekitaran Rp3.422.100.

Walaupun terkenal dengan gaji pokok yang kecil namun Pegawai Negeri Sipil terkenal dengan banyak tunjangan. Setiap instansi memiliki kebijakan masing-masing akan masalah tunjangan itu.

Ridwan mengatakan tak ada aturan dari pemerintah pusat untuk mengatur jumlah tunjangan. Ya, setiap instansi memiliki kebijakan masing-masing untuk memakmurkan para pegawainya sih.

"Tergantung instansi masing-masing. Tunjangan kinerja di Jakarta pun berbeda dengan yang NTB," kata Ridwan.

Ilustrasi gaji (krjogja.com)

Melansir dari Indozone.id, berikut rincian gaji PNS tanpa pengalaman kerja (sebagai PNS) yang diatur PP Nomor 30 Tahun 2015.

Golongan I A: Rp1.486.500

Golongan II A: Rp1.926.000

Golongan III A: Rp2.456.700

Golongan III B: Rp2.560.600

Golongan III C: Rp2.668.900

Golongan III D: Rp2.781.800

Golongan IV A: Rp2.899.500

Golongan IV B: Rp3.022.100

Golongan IV C: Rp3.149.900

Golongan IV D: Rp3.283.200

Golongan IV E: Rp3.422.100


Jadi jangan berkecil hati ya gengs, setiap instansi bakal menyesuaikan tingkat kebutuhan dari setiap daerah kok. Yang mau ikutan, ikutin aja tesnya. Jangan khawatir.

Yang perlu dipikirkan, bagi kamu yang mau jadi PNS ya siapin segala bentuk persyaratan administrasinya buat tes CPNS besok gengs. Kuatkan mental dan rajin belajar, dan juga jangan lupa berdoa. 

Semangaaattt!

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"