Yuk, Kenalan dengan Negara-Negara Pertanian Modern di Dunia

Yuk, Kenalan dengan Negara-Negara Pertanian Modern di Dunia

Di Tanah Air, kita punya lahan yang subur. Semua bisa tumbuh di sini, malah dibiarin aja juga tetep aja tumbuh tuh. Nah, di situlah peran petani, merekalah yang menanam dan memanen hasil-hasil di tanah Indonesia.

Tapi gengs, dunia ini luas dan kadang sempit juga. Buktinya, pertanian gak cuma di Indonesia aja tuh. Kalo gitu, yuk kenalan dengan negara-negara pertanian modern di dunia. 

Mereka sama-sama menanam dan memanen hasil bumi seperti di sini. Bahkan banyak juga yang lebih canggih lagi. Tapi kita gak ketinggalan kok urusan canggih-canggihan. Simak aja kuy mana aja....

1. Jepang

1. Jepang Sawah di Jepang dibikin kayak begini gengs! (thecoolist.com)

Negeri Matahari Terbit ini udah terkenal banget dengan segala kecanggihan teknologinya. Termasuk dalam hal pertanian juga gengs.

Pertanian di Jepang dikontrol oleh pemerintah, termasuk harga, pupuk, teknologi canggih, hasil pangan, lahan pertaniannya, lengkap deh. Semua itu juga didukung dengan etos kerja para petani di Jepang yang tinggi.

Jadi gak usah heran kalo masyarakat di sana sehat-sehat karena hasil pertaniannya juga bagus. Mereka punya beberapa jenis tanaman padi, hasil ladang yang menakjubkan, sampe semangka kotak atau hasil-hasil bumi aneh-aneh lainnya. Gokil gak tuh?

2. Korea Selatan

2. Korea Selatan Oppa-oppa ini pada mau nyawah, pada gak malu tuh... (dramafever.com)

Pertanian di Korea Selatan tuh sama majunya dengan Jepang. Mereka udah lama menerapkan teknologi pertanian meski lahan pertaniannya terbatas. Lahan yang terbatas di sana terjadi karena tanah di Korsel terdiri dari pegunungan.

Di bidang agrikultur, Korsel gak ketinggalan kok gengs. Mereka menghasilkan beras, gandum, kacang, hingga kentang. Selain itu, mereka juga jadi tajir banget setelah industri teknologi pertaniannya ikut didistribusikan ke sejumlah negara. Mulai dari traktor, pupuk, sampe produk pertanian dan bahan pangan lainnya.

Kali gitu ada ya petani di Korsel yang mukanya kayak oppa-oppa gitu. Ada kali ya....

3. China

3. China Lahan pertanian di China (xinhuanet.com)

Siapa lagi yang gak kenal sistem pertanian di China? Di Negeri Tirai Bambu ini, pemerintah juga cukup ambisius soal agrikulturnya. Mereka menghasilkan banyak produk pertanian, terutama beras, ya kita orang Asia kan sama-sama makan nasi gengs.

Wajah pertanian di Tiongkok kian gemilang setelah reformasi industri. Mereka bahkan punya ambisi besar sebagai negara lumbung pangan terbesar di dunia. Mereka punya hamparan sawah dan ladang yang superbanyak. Ditambah pengelolaan hasil ternah yang baik.

Untuk teknologi, China udah menerapkan penggunaan robot juga tuh kayak Jepang dan Korsel. Robotnya digunakan untuk proses tanam, panen, hingga pengepakan. Mantep yak!

4. Uzbekistan

4. Uzbekistan Petani di Uzbekistan (nytimes.com)

Negara yang terletak di Asia Tengah ini juga termasuk negara agraris loh. Produk pertanian yang mereka hasilkan seperti kapas dan gandum.

Orang-orang Uzbek menjadi kapas sebagai bahan baku untuk kain. Sedangkan gandum digunakan sebagai bahan pangan mereka. Dan karena alam Uzbekistan juga pegunungan, cara bertani mereka masih tradisional gengs.

Para petani di sana masih menggunakan jasa keledai untuk transportasinya. Bahkan digunakan juga untuk distribusi hasil bumi mereka. Kesamaan petani di Uzbekistan dengan di Tanah Air adalah minum teh. Hehehe, kayaknya pak tani di sini juga sering minum teh tuh kalo abis meladang.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"