Yuk, Belajar Tabel Periodik Unsur Kimia Lengkap dengan Penjelasannya

Yuk, Belajar Tabel Periodik Unsur Kimia Lengkap dengan Penjelasannya

Kalo udah belajar kimia, kalian juga mesti belajar tabel periodik. Bagi sebagian siswa, memahami tabel periodik itu terasa sulit, padahal sebenernya gampang, loh. Yuk dipahami sama-sama.

Pengertian

tabel periodik (rumusrumus.com)

Apa sih tabel periodik itu? Buat yang belum paham, tabel periodik adalah tampilan unsur-unsur kimia dengan bentuk tabel. Unsur-unsurnya ditata menurut nomor atom / jumlah proton dalam inti atom, konfigurasi elektron, serta keberulangan sifat kimia.

Ada 4 blok dalam tabel, yaitu blok -s, blok -p, blok -d, dan blok -f. Pada 1 periode / baris, sebelah kiri yaitu bersifat logam. Lalu, di sebelah kanan bersifat non-logam. Sementara itu, baris di tabel itu disebut periode, lalu kolom disebut golongan.

Pengelompokan

Metode pengelompokan pada tabel dibagi jadi 4 kelompok, yaitu golongan, periode, blok, serta logam/metaloid/nonlogam. Berikut penjelasannya.

1. Golongan

golongan tabel periodik (rumusrumus.com)

Golongan/famili adalah kolom vertikal di tabel periodik. Jadi, teori mekanika kuantum modern dari struktur atom jelasin soal unsur-unsur yang ada pada golongan yang sama punya konfigurasi elektron yang sama pada kulit valensinya. Oleh karena itu, unsur pada golongan yang sama biasanya punya sifat dan tren yang sejalan sama kenaikan nomor atom.

2. Periode



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"