Yogyakarta Menghasilkan 200 Ton Sampah Per Hari

Yogyakarta Menghasilkan 200 Ton Sampah Per Hari

Ternyata, Kota Yogyakarta mampu menghasilkan sekitar 200 ton sampah per harinya. Hal ini diungkapkan oleh Udi Santosa, Kepala Bidang Pengelolaan Persampahan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogyakarta.

Udi menambahkan bahwa ratusan ton sampah itu harus diangkut setiap hari, karena kalau lalai barang sekali saja, sampah sudah pasti menumpuk. Demikian, petugas juga akan terus bekerja 24 jam tanpa libur untuk mengangkut sampah-sampah itu ke TPA Piyungan.

Saat ini, ada delapan kantor sektor kebersihan seperti di Gading, Ngasem, Malioboro, Kranggan, Krasak, Gunungketur, Tungkak, hingga Kotagede. Sektor ini juga membawahi 11 depo penampungan sampah. Dalam satu hari juga, truk sampah mengangkut 3-4 kali dari depo.

Udi juga menuturkan bahwa bukan cuma warga Yogya saja yang membuang sampah setiap hari. Ia juga mengungkapkan, membuang sampah di Yogyakarta bukanlah perkara sulit. Sebab, kota pelajar memiliki banyak tempat sampah, mulai dari Sleman hingga Bantul.

Selain itu, Udi mengungkap kalau warga Yogya sebetulnya sering menolak jika ada tempat sampah. Barang semeter saja, warga tak suka lantaran baunya.

Bersama pihaknya, Udi telah melakukan sosialisasi untuk memilah sebelum membuang sampah. Udi juga menganjurkan untuk menyetor ke bank sampah karena sudah tersedia lebih dari 400 bank sampah berbasis RW.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"