Waspada! Sikap Insecure Ternyata Juga Bisa Jadi Perbuatan Dosa, Gini Penjelasan Habib Jafar

Waspada! Sikap Insecure Ternyata Juga Bisa Jadi Perbuatan Dosa, Gini Penjelasan Habib Jafar

Belakangan, generasi muda kerap mengucapkan istilah 'insecure '. Istilah tersebut sering digunakan untuk menunjukkan rasa tidak percaya diri seseorang atas sesuatu yang kemudian disertai dengan perasaan gelisah, cemas ataupun takut.

Kondisi menurunnya rasa percaya diri seseorang ini bisa timbul karena disebabkan berbagai faktor baik dari luar maupun dari dalam diri sendiri mulai dari fisik, harta, pendidikan, pekerjaan maupun latar belakang keluarga.

Sebenarnya, rasa insecure merupakan hal normal yang mungkin dirasakan setiap manusia dalam perjalanan hidupnya. Namun siapa sangka, dalam Islam sendiri, sikap insecure itu tidak disukai Allah SWT, bahkan termasuk perbuatan dosa. 

Fakta ini dijelaskan oleh Habib Jafar Al Hadar saat podcast bersama komedian Ummi Quary di platform Noice. Awalnya Ummi menyebut jika dirinya kerap membully atau menjatuhkan dirinya sendiri. Ini karena dirinya kerap dibully oleh orang lain.

Ilustrasi Perasaan Insecure (Freepik)

"Emang insecure juga dosa?" tanya Ummi kepada Habib Jafar. Ulama bernama asli Habib Husein bin Jafar Al Hadar ini menjelaskan insecure merupakan perbuatan yang tidak disukai Allah. Menurutnya, ini karena Allah sudah menjaga umat-Nya dalam kedaan penuh cinta.

"Insecure? dosa dong, membully diri sendiri, insecure itu dosa. Karena kenapa? Pertama, insecure itu seharusnya tidak ada pada kita karena ada Allah yang jaga kamu dengan penuh cinta melebihi cinta ibumu kepadamu atau cintamu kepada dirimu sendiri. Jadi seharusnya kita enggak pernah merasa insecure kan," jelas Habib Jafar.

"Karena gini, yang ber-Tuhan pasti bertahan. Karena kenapa? Karena kita yakin ada Allah yang ngurusin, sebab gue udah belajar tuh, tahun 2023 kemarin, gue sendiri yang ngurus urusan gue ujung-ujungnya berantakan. Makanya 2024 kita punya resolusi pengen nyerahin urusannya kepada Allah, kita hanya usaha aja," lanjutnya.

Habib Jafar juga menyebut jika Allah sudah menciptakan manusia dalam keadaan sebaik-baiknya. Maka dari itu, ketika Allah sudah menciptakan manusia dalam keadaan terbaik, tidak sepatutnya manusia menganggap dirinya sendiri punya kekurangan hingga menimbulkan rasa tak percaya diri.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"