Warga TikTok Bagikan Tips Supaya Berat Badan Gampang Turun: Mandi Air Dingin

Warga TikTok Bagikan Tips Supaya Berat Badan Gampang Turun: Mandi Air Dingin

Warga TikTok lagi-lagi mempopulerkan seputar gaya hidup yang unik. Kini, banyak yang mengungkapkan jika mandi air dingin di pagi hari bisa jadi tips untuk menurunkan berat badan.

Tips ini kebetulan dilakukan langsung oleh seorang dokter. Menurut ilmiah, mandi air dingin memang memberikan berbagai manfaat, salah satunya adalah penurunan berat badan.

Dokter bernama Zac Turner mengatakan jika tubuh terkena suhu dingin, maka tubuh akan memproduksi lemak coklat. Nah lemak inilah yang kemudian menghasilkan energi yang akan membakar lemak.

Ilustrasi orang mandi (hellosehat.com)

"Jika kamu yang sedang mencari cara untuk menurunkan beberapa kilogram, cobalah mandi air dingin, terutama setelah olahraga," ujar Dr Zac Turner, seperti dilansir Daily Star.

Ia menyarankan agar tubuh dibilas dengan air dingin setelah rutinitas mandi yang biasa. Caranya adalah mandi dengan menggunakan suhu air normal. Setelah bersih-bersih, bilas kembali seluruh tubuh dengan air dingin.

"Mulai dengan mandi air dingin selama 30 menit setelah rutinitas mandi biasanya setiap pagi lalu ulangi selama dua menit lagi," sarannya.

Manfaat lain dari mandi air dingin ialah dapat meredakan nyeri otot. Sakit atau nyeri pada otot setelah berolahraga bisa diredakan dengan mandi air dingin.

Henry Halse, pakar kesehatan asal Philadelphia, AS, menyarankan agar kita mengguyur tubuh dengan air dingin di bagian tubuh yang nyeri selama 5 menit.

"Peredaran darah yang meningkat menuju area tersebut bisa membantu memperbaiki kerusakan otot atau jaringan lain karena pembuluh darah Anda mengandung nutrisi yang menyembuhkan," ujar Henry.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"