Warga Arab Dikabarkan Banyak yang Jadi Ateis? Kok Bisa?

Warga Arab Dikabarkan Banyak yang Jadi Ateis? Kok Bisa?

Arab menjadi negara di Timur Tengah yang memiliki peran besar dalam peradaban Islam di dunia. Tetapi saat ini, tak sedikit warga Arab yang justru memilih ateis alias tak percaya atas keberadaan Tuhan.

 

Fenomena ini pun dibuktikan dalam salah satu dekade terakhir. Menurut survei BBC internasional, adanya peningkatan presentase penduduk tak beragama di Arab sejak tahun 2013 dan meningkat 13% di tahun 2019.

 

Sedangkan di Iran, ada sekitar 47% dari 40.000 orang yang mengaku pindah menganut ateis. Lain halnya pada Turki, yang ada 51% masyarakatnya memilih jadi ateis di tahun 2019.

Ilustrasi penduduk di Arab Saudi (cnbc)

 

Dikutip dari Deutsche Welle, di Mesir ada 10,7 juta dari 87 juta penduduk mengaku menjadi ateis. Lalu artikel Men Without God: The Rise of Atheism in Saudi Arabia yang ditulis Hannah Wallace menuliskan jika perpindahan agama ini umumnya dikarenakan faktor politik pemerintah dalam menggunakan agama.

 

Banyak masyarakat yang menolak politisasi. Lalu, aturan ketat agama Islam juga membuat para penduduk ingin pindah menjadi ateis.

 

Kemudian menurut CNBC, para penduduk yang memutuskan jadi ateis ini biasanya akan menyembunyikan status mereka agar terhindar dari konflik dari sosial di sekitarnya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"