Wajib Tahu, Ini Lho Urutan Kerajaan Tertua di Indonesia

Wajib Tahu, Ini Lho Urutan Kerajaan Tertua di Indonesia

Menurut pahlawan sekaligus tokoh intelektual Indonesia, Muhammad Yamin, sejarah adalah ilmu pengetahuan yang disusun atas hasil penyelidikan beberapa peristiwa yang dapat dibuktikan dengan bahan kenyataan.

Dari pengertian di atas, kita bisa menyimpulkan jika sejarah pada akhirnya adalah sesuatu yang akan terus diperbarui, bergantung pada penemuan terbaru terkait kejadian di masa lalu dan bisa dibuktikan.

Kerajaan Tertua di Indonesia

Kerajaan Tertua di Indonesia (indonesianstudiesblog.blogspot.com)

Dan terkait sejarah Nusantara, terlanjur ditulis di buku pelajaran kalo Kutai Kartanegara adalah kerajaan tertua di Indonesia. Pernyataan ini tentu didukung dengan bukti dan temuan sejarawan.

Namun, baru-baru ini, status kerajaan tertua gak lagi disandang oleh Kutai Kartanegara. Hal ini berkaitan dengan temuan beberapa sejarawan yang menegaskan kalo ada kerajaan yang jauh lebih tua daripada kerajaan Kutai.

Peta Jawa kuno (plus.google.com)

Ingin tahu apa aja kerajaan itu? Berikut adalah urutan kerajaan tertua di Indonesia. Bisa buat tambahan informasi, nih.

Kerajaan Raja Bunu

Barangkali, nama kerajaan Raja Bunu gak banyak diketahui. Pasalnya, kerajaan ini belum ada dalam buku pelajaran umum. Hanya masih bersifat spekulasi dan masih membutuhkan penelitian sejarah yang lebih mendalam.

Masyarakat kerajaan purba Raja Bunu (misterpangalayo.com)

Untuk melengkapi informasi, Raja Bunu dipercaya oleh masyarakat dan diabadikan dalam bentuk cerita rakyat, datang dari India ke Nusantara, tepatnya di wilayah yang kini kita sebut Kalimantan, sekitar 10.000-5.000 tahun yang lalu. 

Dirinya datang ke Nusantara didampingi beberapa orang asal India, Persia dan Turki. Nah, setibanya di Kalimantan, dirinya langsung membuat peraturan dan menetapkan pemerintahan.

Raja Bunu (boombastis.com)

Pada masa itu, belum dikenal konsep kerajaan. Namun, melihat dari upaya dan kerja yang dilakukan Raja Bunu, layak kita menyebutnya sebagai Raja pertama di Nusantara.

Kerajaan Kandis

Kerajaan Kandis (boombastis.com)

Menurut penuturan masyarakat, peneliti mendapatkan kemiripan antara perkiraan ciri-ciri lokasi dan karakteristik dengan apa yang dijelaskan Plato terkait sebuah kerajaan yang hingga kini tetap jadi misteri, yakni Atlantis.

Meskipun bukti berupa cerita rakyat masih eksis hingga saat ini, banyak pakar masih meragukan kebenarannya. Apalagi, gak ada temuan fisik berupa candi atau warisan budaya yang lainnya.

Kerajaan Koying

Terletak di ujung Barat wilayah Nusantara, Pulau Sumatra pada masa pra-sejarah menjadi pintu masuk bagi orang asing untuk menjelajahi wilayah ini. 

Kerajaan Koying (historia.id)

Berdasarkan catatan dari pedagang Tiongkok yang mencari bahan dagangan di wilayah Sumatra, terdapat sebuah kerajaan tertua di Indonesia yang diperkirakan bernama Kerajaan Koying.

Menurut catatan tersebut, kerajaan ini didirikan oleh K'ang-tai dan Wan-chen, berasal dari wangsa Wu, Tiongkok. Diperkirakan pula, kerajaan ini didirikan sekitar abad-2 Masehi. Gak selang lama dari Kutai Kartanegara.

(news.lewatmana.com)

Dari sejarah, kita bisa belajar banyak hal. Kita bisa mengenal bagaimana kisah hidup dari nenek moyang. Dan seperti pernyataan dari bapak pendiri negara, Ir. Soekarno, "Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak pernah melupakan sejarahnya sendiri."

Jadi, dari ketiga kerajaan tertua di Indonesia di atas, adakah yang sudah kamu tahu?

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"