Wah, Ternyata Ada Suku-Suku Indonesia Yang Warganya Mirip Seperti Bule, Apa Saja?

Wah, Ternyata Ada Suku-Suku Indonesia Yang Warganya Mirip Seperti Bule, Apa Saja?

Indonesia memang dikenal sebagai negara yang kaya akan adat dan budayanya. Menurut data sensus BPS tahun 2010, Indonesia memiliki setidaknya 1.300 lebih suku, lho!

Dari berbagai suku yang ada, ternyata ada beberapa suku yang masyarakatnya punya penampilan mirip orang luar negeri alias bule. Suku apa sajakah itu?

# Suku Pulau Siompu

Beberapa Suku di Indonesia yang warganya mirip seperti bule (via kompas)

Nah, suku dari Pulau Siompu ini punya keturunan dengan mata berwarna biru. Mereka memang dikenal sebagai suku yang punya keturunan Portugis.

Di pulau yang terletak di Sulteng ini memiliki kemiripan dengan para bule karena warna iris matanya yang biru serta warna rambut mereka yang sedikit pirang. 

Dari sejarahnya, warna iris serta rambut pirang mereka ini muncul setelah beberapa warganya melakukan pernikahan silang dengan orang Portugis di abad 16.

# Suku Cia-cia

Berikutnya adalah suku Cia-cia yang punya kebiasaan unik dalam kesehariannya. Mereka menulis dan berbicara persis seperti orang Korea!

Bahkan, ada beberapa spot di wilayah mereka yang memiliki tulisan Korea. Entah itu tulisan jalan, hingga beberapa tulisan di buku sekolah pelajaran anak-anak. Dan ternyata, suku ini juga pernah masuk dalam Korean Times, lho.

# Suku Mentawai



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"