Viral! Surat Nikah dan Surat Perjanjian Cerai Bung Karno dan Inggit Garnasih Dijual, Ternyata Asal-Usulnya Dari~

Viral! Surat Nikah dan Surat Perjanjian Cerai Bung Karno dan Inggit Garnasih Dijual, Ternyata Asal-Usulnya Dari~

Belakangan ini tengah heboh karena surat nikah dan surat perjanjian cerai antara Ir Soekarno alias Bung Karno dengan Inggit Garnasih milik keluarga almarhumah Inggit Garnasih bakalan di jual.

Diketahui kabar heboh ini datang dari unggahan akun Instagram @Popstorindo yang dikelola oleh Yulius? Iskandar yang diunggah pada Rabu (23/9/2020). Dia merupakan kolektor barang antik gengs. 

Bung Karno dan Inggit Garnasih (wikipedia.id)

Belakangan, postingan itu dihapus oleh pemilik akun. Lantas, darimana dokumen itu berasal. Belakangan diketahui, dokumen itu disimpan selama puluhan tahun oleh Tito Zeni Harmaen (73), akrab disapa Tito Asmara Hadi.

Tito merupakan anak dari pasangan Asmara Hadi dan Ratna Juami. Ratna Juami merupakan anak angkat Soekarno saat menikah dengan Inggit. Adapun Ratna Juami merupakan anak dari kakak Inggit Garnasih.

Sejak usia 40 hari, Ratna Juami diasuh oleh Soekarno dan Inggit Garnasih. Sedangkan Asmara Hadi, dikenal sebagai anak didik Soekarno. Selain itu, dikenal sebagai wartawan dan sastrawan serta politisi di era Presiden Soekarno.

Ratna dan Asmara Hadi turut ikut dengan Bung Karno saat dibuang pemerintah kolonial ke Ende, Flores dan Bengkulu.?

Tribun menyambangi kediaman Tito di Kelurahan Margahayu Utara, Kecamatan Babakan Ciparay, Kota Bandung, Kamis (24/9/2020).

"Bu Inggit sendiri yang menyerahkan ke saya. Sekitar tahun 1980-an, bu Inggit meminta saya menyimpan dokumen itu dan merawatnya hingga kini," ujar Tito.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"