Viral Postingan 'Menteri Kecantikan', Kritikannya Tuai Perdebatan Warganet

Viral Postingan 'Menteri Kecantikan', Kritikannya Tuai Perdebatan Warganet

Belakangan ini, seorang influencer yang mengklaim dirinya sebagai Menteri Kecantikan tengah ramai jadi perbincangan di jagat media sosial. Hal ini disebabkan karena berbagai status di media sosialnya yang dituding melakukan body shaming.

Sejumlah tangkapan layar berisi status body shaming sang influencer itu menjadi viral setelah dibagikan oleh akun Twitter @tubirfess. Dalam foto yang dibagikan, terlihat influencer itu bernama Michelle Halim.

Dalam thread tersebut terlihat Michelle Halim mengkritik pergantian model Victoria Secret yang sebelumnya dikenal dengan sebutan 'Angels' menjadi VS Collective.

Untuk diketahui, secara historis para angels Victoria Secret didominasi oleh para model bertubuh langsing. Namun, dalam konsep terbarunya itu, Victoria Secret mengganti para angels-nya dengan perempuan-perempuan inspiratif sebagai wajah baru dari brand-nya tersebut. Tujuannya adalah untuk mengubah citra Victoria Secret menjadi lebih relevan di era ini.

Wajah baru tersebut adalah Priyanka Chopra, Adut Akech, Paloma Elsesser, Amanda de Cadenet, Megan Rapinoe, Eileen Gu, dan Valentina Sampaio. Sayangnya, perubahan konsep yang dilakukan oleh Victoria Secret tak selalu menuai respons positif tetapi juga ada saja kontra di beberapa pihak. Salah satunya influencer, Michelle Halim.

Ia menyebutkan melalui Instagram Story pribadinya tentang kekecewaannya terhadap Victoria Secret. Menurutnya, wajah baru dari Victoria Secret berbeda dan sangat merubah standar brand tersebut.

Postingan Menteri Kecantikan Tuai Perdebatan Warganet (Twitter)

"Victoria Secret Show udah gak ada lagi sekarang, gak tau juga bakal gak ada seterusnya atau engga. Well, Victoria Secret angels dikomplain karena beauty standard yang diatur terlalu tinggi. I don't get it, can you just shut up and enjoy the show? I feel butterflies setiap kali nonton Victoria Secret show, kagum sampai bisu. Bukan malah ngambek, insecure just because I don't like them," tulis Michelle dalam unggahan Instagram Story.

Nggak sampai disitu aja gengs, wanita ini juga mengomentari dua pemeran utama dalam serial Gossip Girl. Ia membandingkan foto pemeran utama Gossip Girl original, Blake Lively dengan pemeran Gossip Girl versi reboot terbaru, Jordan Alexander.

Lantas, kritikan yang diberikan oleh Michelle ini memantik emosi banyak kalangan. Pasalnya, banyak yang beranggapan bahwa apa yang diutarakan oleh Michelle termasuk ke dalam body shaming.

"Kalo kepedeanmu membuatmu jadi insensitive dan look down orang-orang yang gak memenuhi standardmu. Itu beneran pede?! ?? Punya standard, atau body goals, itu ga salah. Tapi kamu gak pantes merendahkan orang apalagi menghina orang yang (kamu pikir) gak memenuhi ekpektasimu. And you said plus size people are lazy?! Terlalu nyaman sama privilege ya sampe kamu jadi insensitive kayak gini. Sick!!!," ungkap salah satu warganet dalam kolom komentar Instagram @indonesiabutuhfeminis yang ikut melawan kritikan dari Michelle.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"